Mengenal Beberapa Program Unggulan Ramah Anak SDN Ciwangi

Rabu, 01 Mar 2023 | 05:21:32 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 5434


Mengenal Beberapa Program Unggulan Ramah Anak SDN Ciwangi
   

SDN Ciwangi beralamat di Jl. Raya Ciwangi - Bungursari Kp. Cibaragalan Rt. 02/01, Ciwangi, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta. Sekolah ini memiliki lahan yang cukup luas dan sekolahnya sangat bersih. Saat ini SDN Ciwangi di pimpin oleh Ibu Hj. Totoh Fatonah, M.Pd.

Sekolah ini memiliki beberapa program unggulan yang berpihak pada hak-hak anak. Menurut Bu Hj. Totoh, Sekolah ramah anak harus menciptakan sekolah yang nyaman, aman dan menyenangkan sehingga anak-anak nanti akan betah di sekolah. anak-anak dinasehati dan dibimbing karenanya SDN Ciwangi membuat beberapa program yang tujuannya agar anak tidak hanya nyaman tetapi juga menjadi kreatif dan inovatif.

  1. 10 Kata Bahasa Inggris

Merupakan implementasi dari Mapag di Buana. Anak-anak di hari selasa wajib menghafal 10 kata Bahasa Inggris. Selain anak wajib mengenal dan hafal 10 kata dalam Bahasa Inggris juga mengenal vocabularynya.

  1. Aa Teteh

Merupakan kegiatan pembelajaran diferensiansi. Ramah merupakan kesadaran sosial anak salah satunya adalah membuat anak bertutur kata dengan halus. Aa teteh itu adalah program yang mengapresiasi Bahasa Sunda dan agar tidak berkata kasar terutama pada yang lebih tua.

  1. How I Feel

Adalah program untuk anak tentang bagaimana perasaaan anak tersebut yang dilakukan 5 menit sebelum pembelajaran. Program ini dibuat terutama untuk kelas 6 dikarenakan diusia tersebut anak tersebut mulai mengolah rasa dan mulai harus bisa mengekpresikan rasanya agar anak tersebut selalu bahagia.

  1. Berjumpa di Kertas

Merupakan Program Anti Korupsi yang terdiri dari 9 nilai-nilai karakter anti korupsi. Berjumpa di Kertas merupakan paduan dari kata-kata; berani, jujur, mandiri, peduli,disiplin, adil, kerja keras, tanggung jawab dan sederhana.

Salah satu kegiatannya adalah untuk mengenalkan anak tentang korupsi lebih ke nilai-nilai yang harus ditanamkan ke peserta didik yang oleh anak dibuatkan dalam bentuk puisi, poster maupun komik yang dapat menuntun anak untuk memiliki nilai-nilai anti korupsi.

  1. Poster Ramah Anak

Poster hasil dari karya anak2 supaya anak lebih memahami dan lebih faham bullying adalah salah satu kekerasan yang tidak boleh dilakukan oleh anak-anak. Selain ada poster bullying juga ada poster anti merokok dan poster tentang ramah anak lainnya.

  1. Isi Piringku

Adalah program bekal makanan yang isi piringnya terdiri dari makanan sehat yang terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan minum.

  1. Getteks

Merupakan singkatan dari Gerakan Tanganmu Tempatkan Sampah Sesuai Jenisnya. Yaitu gerakan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Anak-anak mengambil sampah yang kemudian disimpan sesuai jenisnya dan itu dilakukan setiap hari.

  1. Kelas Inspirasi

Kelas ini dilaksanakan sebelum pembagian semester. Yang mengajarnya adalah orang tua murid. Pemilihan waktu tersebut dikarenakan saat itu guru-guru sedang mengolah nilai raport sehingga orang tua berinisiatif untuk memberikan pengetahuan tentang kerajinan dan keterampilan kepada anak-anak sehingga menghasilkan beberapa karya anak-anak.

Semua program ini rutin dilaksanakan berkat kolaborasi antara pihak sekolah yang didukung oleh orang tua siswa  dan menjadi unggulan SDN 1 Ciwangi (MH/Red.)



Selasa, 28 Feb 2023, 05:21:32 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2241 View
SMPN 3 Purwakarta Gelar Karnaval Budaya
Selasa, 28 Feb 2023, 05:21:32 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 686 View
PGRI Sukatani Sukses Ajak Guru TK Sampai SMA Bergabung
Senin, 27 Feb 2023, 05:21:32 WIB Oleh : Mira Habibah 1086 View
Advokasi Bidang Litbang Himpaudi Purwakarta Untuk Perjuangan Kesejahteraan Guru Paud Di Desa

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE