TK Pembina, Satu-Satunya TK Negeri di Kecamatan Purwakarta

Rabu, 29 Mar 2023 | 11:30:25 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1494


TK Pembina, Satu-Satunya TK Negeri di Kecamatan Purwakarta
   

Belum banyak masyarakat yang tahu jika di Kecamatan Purwakarta terdapat Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri yang dikelola oleh pemerintah. TK Negeri tersebut adalah TK Negeri Pembina yang terletak di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta tepatnya di belakang Kantor Dinas Pendidikan. TK ini berdiri tahun 2000 menempati bangunan yang kini berfungsi sebagai Bale Guru Linuhung. Sejak tahun 2017 bangunan TK pindah ke belakang Dinas Pendidikan dengan memiliki 3 bangunan dengan 6 ruang. Tahun Pelajaran 2022/2023, Sekolah yang dipimpin oleh Ibu Junizar, M.Pd mempunyai murid sekitar 30 siswa dengan 4 guru, 1 tata usaha dan 1  penjaga sekolah.

Tujuan TK Negeri Pembina itu sendiri adalah terwujudnya anak yang sehat, jujur, senang belajar dan mandiri. Terwujudnya anak yang mampu merawat diri dan peduli diri sendiri dan teman. Anak mampu berpikir, berkomunikasi, melalui bahasa, musik dan Gerakan sederhana. Mengenalkan agama sejak dini dan terciptanya belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan di taman kanak-kanak.

Sedangkan tugas pokok dan fungsi TK Negeri Pembina adalah membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pendidikan anak usia dini melalui pemberian stimulasi yang baik agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan usia lanjut. TK Negeri Pembina melaksanakan  proses belajar mengajar dengan mengacu kepada kurikulum yang berlaku saat ini serta melaksanakan berbagai hal yang berkaitan dengan  pengembangan Taman Kanak-Kanak menurut ketentuan, dengan selalu bertindak inovatif terbuka, fleksibel dan kreatif.

Program yang dikenalkan di TK Negeri Pembina antara lain memelihara kebersihan diri sendiri, mengenalkan lingkungan sekitar dan memelihara lingkungan sperti ojemuk, operasi semut, bermain kelompok, makan bersama, bermain di dalam dan di luar ruangan, dokter kecil, tata boga, kunjungan belajar dan ekstrakurikuler.

Selain program pembelajarannya yang menjadi kelebihan dari TK Negeri, faktor lainnya adalah lingkungan TK yang asri dan luas sehingga kondusif dipake belajar, memiliki ruang bermain yang luas dan ruangan kelas yang nyaman sehingga bisa membuat betah belajar di TK tersebut dan biayanya yang terjangkau sekitar 125 ribu perbulan (MH/Red.)



Selasa, 28 Mar 2023, 11:30:25 WIB Oleh : Mira Habibah 856 View
Bulan Ramadhan 1444H, Disdik Gelar Kegiatan Masantren di Sakola
Senin, 27 Mar 2023, 11:30:25 WIB Oleh : Mira Habibah 517 View
Kadisdik Minta Di Bulan Puasa Pelayanan Pendidikan Tetap Berjalan Baik
Jumat, 24 Mar 2023, 11:30:25 WIB Oleh : Mira Habibah 725 View
Tadarusan di Aula Bale Guru Linuhung Dinas Pendidikan

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE