Purwanto Kepala Sekolah Silahkan Berinovasi, Berimajinasi Ciptakan Ekosistem Pendidikan

Senin, 09 Okt 2023 | 11:05:34 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 642


Purwanto Kepala Sekolah Silahkan Berinovasi, Berimajinasi Ciptakan Ekosistem Pendidikan
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta Dr. H. Purwanto, M.Pd. berkesempatan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Workshop Penyusunan Instrumen Hots, Literasi / Numerasi Kurikulum Merdeka.

 

Kegiatan yang di gelar oleh SMPN 7 Purwakarta itu di ikuti oleh seluruh warga sekolah, bertempat di Ruang Multifungsi SMPN 7 Purwakarta. Senin (09/10).

 

Kepala Dinas Pendidikan (kadisdik) Dr. H. Purwanto, M.Pd. ia mengatakan Hal seperti ini penting dilakukan, terkadang luput dari guru-guru kita, bahwa apresiasi harus dilakukan oleh guru terhadap karya-karya peserta didik itu sangat penting. Ucap Purwanto.

 

“SMPN 7 Purwakarta terus melakukan transformasi, tata letak, ruang kantor guru yang multifungsi, seperti halnya ruangan ini yang sedang digunakan untuk workshop, untuk bekerja dan terbuka”. Ujarnya.

 

Mengelola sekolah itu, sama dengan meramu makanan (Chef) sehingga melakukan acrobat apapun disekolah silahkan teliti, maka hari ini ada Merdeka Belajar, itu salahsatu cara merdeka mengelola Pendidikan, dengan tetap mengacu pada kebijakan pendidikan, kaidah-kaidah dan disiplim ilmu nya tidak dilanggar. Ucap Purwanto.

 

Kepala sekolah harus mampu menciptakan Ekosistem Pendidikan yang baik, Pendidikan itu harus menjadi Ekosistem bukan hanya sistem, maka segala sesuatunya harus dibuat ada interconction, saling berkaitan dan berfungsi semuanya, baik gurunya maupun sarana prasarananya. Ujar Purwanto.

 

“Sehingga ada hubungan simbiosis mutualisme yang melahirkan fungsi Pendidikan, nah seperti halnya yang dilakukan di SMPN 7 Purwakarta ini sudah melakukan ekosistem Pendidikan”.

 

Jika Ekosismtemnya baik, maka transformasi pendidikannya akan cepat, karena ekosistemnya sehat maka Guru nya bertahan disekolah, interaksi guru dengan gurunya bagus terbangun budaya kerjanya bagus.

 

Karena terbangun budaya kerja bagus maka terbangun pula budaya belajar yang bagus, Karen gurunya masuk ke ruang kelas dalam kondisi yang bagus. Ucap Purwanto.

 

Kemudian ke depannya tugas kepala sekolah menciptakan komunitas belajar yang baik, nah konsep-konsep seperti ini lah yang diciptakan dan di inginkan oleh Kementrian Pendidikan hari ini.

 

Maka saya selalu mengatakan kepada seluruh Kepala Sekolah, silahkan melakukan inovasi, keunggulan-keunggulan, akrobatikan Kepemimpinan anda, berimajinasilah di sekolah. Demikian Pungkasnya (Red)



Senin, 09 Okt 2023, 11:05:34 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 378 View
Sekdisdik Evaluasi Kinerja dan Asesmen Nasional
Kamis, 05 Okt 2023, 11:05:34 WIB Oleh : Mira Habibah 1493 View
Supervisi menjadi Quality Control Layanan Pendidikan
Selasa, 03 Okt 2023, 11:05:34 WIB Oleh : Mira Habibah 853 View
Rangkaian Kegiatan HUT PGRI dan Hari Guru Kabupaten Purwakarta Tahun 2023 Resmi Dibuka

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE