PENDIDIKAN TRANSFORMATIF : SEKOLAH HARUS BISA MEMBENTUK KARAKTER BAIK SISWA

Rabu, 07 Apr 2021 | 16:49:38 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 353


PENDIDIKAN TRANSFORMATIF : SEKOLAH HARUS BISA MEMBENTUK KARAKTER BAIK SISWA
   

disdik.purwakartkab.go.id—Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto berkesempatan hadir langsung pada acara workshop pelayanan pendidikan bertajuk “Bersih Diri Dan Lingkungan Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pendidikan”, Rabu (07/04), di aula SMPN 9 Purwakarta. 

Dalam paparannya, Kadisdik Purwanto mengulas sejumlah hal. Diantaranya adalah bahwa sekolah-sekolah harus mampu membentuk anak-anak menjadi lebih baik. 

“Dan ini menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah dan Guru-guru. Pembelajaran di sekolah seharusnya bisa merubah perilaku siswa menjadi lebih baik. Ditunjukkan dengan perilaku buang sampah, perilaku berbicara, etika dan banyak lagi yang berkaitan dengan karakter siswa,” katanya. 

Masih dalam paparannya, siswa yang baik menurutnya adalah siswa yang mampu menginternalisasi nilai pada dalam dirinya yaitu dengan cara meng-indra. Karena belajar yang baik adalah bagaimana siswa dapat menggunakan seluruh panca indra untuk dapat menginternalisasi seluruh nilai yang ia tangkap, dan sekolah harus bisa memfasilitasi itu.

“Sekolah adalah tempat persemeian tumbuh kembang seorang anak, sehingga sekolah-sekolah halamannya harus bersih, toiletnya bersih. Karena anak akan menangkap dengan indranya apa yang dia lihat, apa yang dia ciumdan apa yang dia rasa. Guru-guru harus kembali meluruskan niat dalam mengabdi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, meyakini ahwa apa yang menjadi pekrjaan bapak dan Ibu guru ini adalah sebagai tugas muliya. Menyadari dan peka bahwa lingkungan sekolah ini menjadi tanggung jawab bersama,” demikian ulasnya. (NC/Red)



Senin, 05 Apr 2021, 16:49:38 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 578 View
KADISDIK : PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEGERA DIMULAI DI TAHUN AJARAN BARU
Senin, 29 Mar 2021, 16:49:38 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 284 View
Kadisdik Minta Rafi dan Tanisa Siap Berkontribusi Untuk Dunia Pendidikan
Senin, 29 Mar 2021, 16:49:38 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 302 View
KADISDIK BUKA MUSYAWARAH PEMILIHAN KETUA KOMUNITAS LITERASI PURBASARI

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE