Mari Berkebun!

Selasa, 07 Apr 2020 | 09:07:16 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1037


Mari Berkebun!
   

Musim hujan telah tiba. Bagi para petani, musim ini adalah musim yang sangat dinanti-nanti. Di musim hujan, segala aktifitas pertanian bisa dilakukan secara maksimal, karena adanya air hujan, para petani tidak harus bersusah-payah melakukan penyedotan air ke sungai atau irigasi-irigasi terdekat untuk menyiram tanaman.

Seharusnya musim ini pun disambut ceria oleh para ibu rumah tangga. Apalagi sejak kita di haruskan tinggal dirumah saja, kita memiliki waktu yang lebih leluasa. Ini bisa kita manfaatkan untuk hal-hal positif, salah satunya berkebun di pekarangan rumah. Mengapa berkebun?, tidak semua ibu-ibu suka berkebun tentunya ya! namun bila mengetahui manfaatnya, mungkin para ibu akan mau mencobanya nanti. Berikut akan saya paparkan apa saja yang bisa di tanam di pekarangan rumah kita:

1. Berkebun bunga

- Untuk jenis bunga bisa bervariasi, sesuai dengan yang kita sukai, bisa anggrek, antorium, adenium, kaktus, begonia, dan sebagainya.

- Media yang digunakan disesuaikan dengan tempat yang kita miliki, jika pekarangan rumah luas, maka cukup tanam di tanah saja. Namun jika memiliki pekarangan yang sempit, maka kita bisa menggunakan pot, polibag, paralon, botol aqua atau benda apapun yang bisa ditanami bunga.

- Manfaatnya menanam bunga, selain memperindah rumah, juga untuk beberapa jenis tertentu ternyata bunga memiliki manfaat tersendiri, seperti bunga lidah mertua yang mampu menyerap racun dari asap rokok. Bunga Bougenville bisa mengusir nyamuk, bunga jenis ini tidak disukai baunya oleh nyamuk. Dan lain sebagainya.

2. Apotik Hidup

- Untuk jenis tanaman apotik hidup cukup bervariasi, antara lain daun sirih, bawang dayak, lidah buaya, kumis ucing, samiloto, kunyit, jahe, dan masih banyak lagi.

- Medianya pun relatif mudah, bisa ditanam di tanah ataupun didalam pot. Supaya tanaman tumbuh subur, jangan lupa beri pupuk dan obat tanaman, bisa berupa pupuk kandang ataupun pupuk dan obat yang dibeli di toko.

- Jenis tanaman apotik hidup tentunya memiliki banyak manfaat. Daun seureuh dipercaya untuk membantu kesehatan sensitif wanita. Bawang dayak adalah tanaman yang berasal dari Kalimantan, bawang ini bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari diabetes, darah tinggi sampai memperlancar masa haid. Lidah buaya bukan hanya bisa membantu menyuburkan rambut, namun tanaman ini ternyata bisa membantu menurunkan penyakit darah tinggi. Dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman-tanaman apotik hidup lainnya.

3. Warung Hidup

- Untuk warung hidup, jenis tanamannya adalah berupa cabe, tomat, bawang daun, seledri, lengkuas, belimbing wuluh, jahe, kunyit dan yang lainnya.

- Cara menanam nya pun relatif mudah, bisa di tanah langsung, bisa pula di pot, dan polibag, bahkan kita bisa memanfaatkan kaleng-kaleng bekas cat atau botol aqua.

- Manfaat warung hidup tentu saja banyak, tetapi lebih cenderung digunakan untuk keperluan di dapur sebagai bumbu dapur, seperti cabai, lengkuas, kunyit, jahe dan sebagainya. Jika kita memiliki tanaman-tanaman ini dipekarangan rumah, tentunya akan membantu mengurangi biaya dapur, artinya kita sudah menghemat pengeluaran.

Nah, ibu-ibu yang budiman, apakah masih ragu untuk mulai menanam di pekarangan rumah?. Ternyata banyak sekali jenis dan manfaatnya ya. Yuk selagi musim hujan, mulailah menanam di pekarangan rumah kita. 

Semoga bermanfaat, selamat berkebun!

Purwakarta, 29 Januari 2020
Upia Nuraeni



Minggu, 05 Apr 2020, 09:07:16 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 843 View
Sikecil Corona
Sabtu, 04 Apr 2020, 09:07:16 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2175 View
Stay At Home? No Problem
Sabtu, 04 Apr 2020, 09:07:16 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 704 View
KEMARIN, KINI & NANTI

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE