DISDIK PURWAKARTA DUKUNG PENUH PENGEMBANGAN POTENSI SMK

Kamis, 13 Des 2018 | 00:18:43 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1661


DISDIK PURWAKARTA DUKUNG PENUH PENGEMBANGAN POTENSI SMK
   

disdikpurwakartakab.go.id – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Se-Kabupaten Purwakarta menggelar “SMK Expo” di aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta, Rabu (31/10). Kegiatan yang ditujukan sebagai ajang unjuk karya itu diikuti oleh 25 SMK Se-Kabupaten Purwakarta.

Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Hj. Otin Martini dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan yang dihelat MKKS adalah sesuatu yang luar biasa.

“Sinergitas di lingkungan SMK dan SMA di Purwakarta bukan sesuatu yang seremonial. Terbukti, saat ini Kepala Dinas Pendidikan H. Purwanto hadir. Selain itu, kegiatan ini pun merupakan suatu bukti evaluasi Pendidikan dan juga menampilkan pameran buah hasil produk pelajar SMK Se-Purwakarta, setelah kejuaraan dan di tampilkan di Expo 2018. Ke depan, kita akan lanjutkan secara berkala, SMK yang berada di Wilayah kantor Cabang Wilayah IV Disdik Jawa Barat harus mencontoh seperti purwakarta,” katanya.

Senada, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kab. Purwakarta H. Purwanto juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap kegiatan SMK Expo yang dihelat MKKS SMK Se-Purwakarta. Kegiatan tersebut menurutnya sangat bernilai penting karena dapat menjadi wahana ekspresi para pelajar SMK di Kabupaten Purwakarta.

“Kegiatan ini akan memicu menstimulasi anak-anak kita untuk berekspresi dan menampilkan segala macam bentuk apa yang mereka pelajari dan mereka buat di sekolahnya masing-masing. Sehingga ini merupakan kerja bentuk prestasi yang dilakukan. Kegiatan ini mesti dilaksanakan setiap tahun untuk melihat perkembangan apa yang terjadi di sekolah-sekolah di Kabupaten Purwakarta di tingkat SMK,” katanya. 

Kadisdik Purwanto pun berharap ke depan kegiatan ini dapat terus meningkat dan berlangsung lebih besar lagi.

“Mudah-mudahan kegiatan SMK Expo dapat berlanjut dari tahun ke tahun dan dilaksanakan di tempat yang lebih luas, sehingga masyarakat Purwakarta juga bisa melihat, anak-anak sekolah bisa melihat, pemerintah juga bisa melihat, termasuk dunia Industri, karena menurutnya SMK itu sangat mempunyai relevansi yang tinggi dengan dunia kerja,” katanya.

Selain kedua tokoh tersebut, tampak hadir pula Direktur PSMK Kemdikbud, Dr. Ir Bakrun M.M. Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bernilai strategis, lebih khusus untuk Kabupaten Purwakarta.

“saya sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan MKKS untuk EXPO SMK 2018.  Berbicara SMK, maka erat kaitannya dengan dengan dunia industri. Pada konteks itu, Purwakarta adalah daerah penyangga segitiga emas Industri. Setelah Kab. Karawang, Purwakarta akan menjadi daerah Industri. Mau tidak mau ini adalah peluang Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diantaranya lahir dari SMK,” tuturnya.

Atas dasar itu, maka dia berpesan kepada pengelola SMK di Purwakarta untuk dapat membangun kemitraan strategis dengan dunia industri.

“Jalin-lah kerjasama dengan Industri. SMK harus memiliki jejaring dengan Industri. Sekolah harus berusaha mendatangi ke Perusahaan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Kami berharap jalin kerjasama dengan Industri,” pungkasnya (NC/Red)


Video Terkait:



Senin, 15 Okt 2018, 00:18:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1306 View
SMAN 1 CAMPAKA, MEDSOS AJANG SILATURAHMI
Jumat, 24 Agu 2018, 00:18:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1050 View
EKSISTENSI PRAMUKA TERKIKIS
Jumat, 24 Agu 2018, 00:18:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 831 View
WARGA DAN PELAJAR SAMBUT 5 GARUDA MUDA PURWAKARTA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE