SMAN 1 PURWAKARTA LUNCURKAN KAFE LITERASI

Selasa, 22 Jan 2019 | 14:43:51 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2725


SMAN 1 PURWAKARTA LUNCURKAN KAFE LITERASI
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Manajemen SMAN I Purwakarta meluncurkan program perpustakaan keliling bertajuk "Kafe Literasi", Selasa (22/01). Upaya tersebut ditujukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Purwakarta.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Sekolah SMAN I Purwakarta, Dr. Ema Sukma saat peluncuran "Kafe Literasi", bertempat di lingkungan SMAN I Purwakarta, Selasa (22/01). Program ini, tegasnya, adalah bentuk apresiasi SMAN 1 Purwakarta untuk masyarakat Purwakarta, lebih khusus untuk meningkatkan minat baca. 

"Nama "Kafe Literasi" tujuannya ialah untuk menarik perhatian orang banyak untuk membaca. Disini menu-menu "kafe" yang disediakan berupa bacaan (buku)," tandasnya.

Lebih lanjut, Ema menyampaikan bahwa program "Kafe Literasi" tidak lepas dari keterlibatan banyak pihak.

"Program ini bisa ada karena kontribusi banyak pihak, seperti diantaranya Komite Sekolah dan Guru. Termasuk, program ini juga bisa ada karena dukungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. H. Purwanto dan Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Hj. Otin Martini," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto dalam sambutannya memberikan apresiasi penuh terhadap program "Kafe Literasi" yang digagas manajemen SMAN I Purwakarta. 

"Inisiatif ini membuktikan bahwa SMA Negeri 1 Purwakarta terus bertransformasi dari waktu ke waktu. Perlu diingat, keberhasilan sekolah  tentu harus mendapat dukungan dari lingkungan, komite sekolah, masyarakat dan orang tua siswa. Dengan begitu, maka sekolah akan mampu hadir sebagai pusat keunggulan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, Kadisdik Purwakarta pun tak luput mengomentari manfaat dari program perpustakaan keliling seperti "Kafe Literasi". 

"Perpustakaan keliling adalah salah satu bentuk kemampuan adaptasi di era digitalisasi seperti saat ini. Kita harus siap menyambut era pembelajaran berbasis digital yang berlaku saat ini. Sekolah harus menjadi pusat peradaban. Terus maju menjadi sekolahnya para juara!" serunya yang disambut riuh tepuk tangan.

Senada, Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Hj. Otin Martini juga menyatakan apresiasinya terhadap program "Kafe Literasi".

"Sekolah harus terus berpacu pada literasi. Untuk itu, perlu adanya kerjasama yang baik antara komite sekolah dan sekolah. Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang diciptakan SMAN I Purwakarta ini," demikian ungkapnya. (NC/Red)



Kamis, 13 Des 2018, 14:43:51 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2311 View
DISDIK PURWAKARTA DUKUNG PENUH PENGEMBANGAN POTENSI SMK
Senin, 15 Okt 2018, 14:43:51 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1734 View
SMAN 1 CAMPAKA, MEDSOS AJANG SILATURAHMI
Jumat, 24 Agu 2018, 14:43:51 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1441 View
EKSISTENSI PRAMUKA TERKIKIS

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE