Semarak Literasi Al-Quran di Pesantren Ramadhan Sekolah

Kamis, 07 Jun 2018 | 19:38:08 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2740


Semarak Literasi Al-Quran di Pesantren Ramadhan Sekolah
   

PENDIDIKANPURWAKARTA.COM -- Mengisi momen bulan suci Ramadan, semua jenjang Pendidikan di Kabupaten Purwakarta memanfaatkannya dengan menyelenggarakan pesantren Ramadan di sekolah. Hal ini bukan hanya upaya penanaman nilai-nilai Iman dan Taqwa (IMTAK)  kepada para peserta didik  saja namun juga upaya menjalin kebersamaan dan tanggung jawab seluruh guru dalam membina dan menerapkan nilai-nilai ajaran Islam di sekolah.
 

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cipinang Kecamatan Cibatu adalah salah satu lembaga Pendidikan Dasar yang juga menyelenggarakan Pesantren Ramadhan. Dengan mengusung tema : “Mencintai Islam dengan Mencintai Al-qur’an dan Berakhlak Mulia”, sekolah di bawah kepemimpinan Bapak Hoerin Amdadi Saputra, S. Pd, M. Pd ini mewajibkan seluruh guru turut berperan serta dalam  pelaksanaan Pesantren Ramadan. Beliau beranggapan bahwa kewajiban  membimbing peserta didik dalam menerapkan dan membiasakan niilai-nilai Islam bukan hanya dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam saja tetapi juga merupakan kewajiban seluruh guru yang beragama Islam.
 

Pesantren Ramadan tahun ini sebagaimana dikemukakan oleh koordinator kegiatan, Bapak Lili Suratman, S. Pd. I, bertujuan untuk mengembangkan potensi dan wawasan keislaman peserta didik terutama dalam beralquran dan berakhlaqul karimah. Waktu pelaksanaannya  mulai 28 Mei hingga 6 Juni 2018 dan diikuti oleh sebanyak 389 orang peserta didik dari kelas 1 -6.  Kegiatan diawali dengan tadarus Alquran bersama di lapangan sekolah mulai  pukul 06.30  kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi tauhid, akhlaq, fiqih dan tarikh oleh para nara sumber dari guru PAI dan guru-guru kelas di ruangannya masing-masing hingga pukul 11.00.
 

Tampak antusias para peserta didik mengikuti sessi materi pesantren Ramadhan, seperti terlihat ketika pengawas Pendidikan Agama Islam, Tuti Herawati, S. Ag, bersilaturahmi dan berdialog langsung dengan peserta didik. Mereka merasa senang dengan materi-materi dan konsep pembelajaran yang disajikan oleh para pembimbing. Dalam kesempatan ini pengawas PAI sangat mengapresiasi upaya penerapan gerakan  literasi Al-qur’an  yang dimotori oleh Ibu Entin Suhartini, S. Pd. I  sebagai guru Pendidikan Agama Islam di SDN Cipinang sekaligus koordinator bidang Alquran dalam kegiatan pesantren Ramadhan. Selain membimbing secara langsung tilawah Al-qur’an di sekolah, peserta didik juga dimotivasi untuk melaksanakan tilawah Alqurannya di rumah masing-masing. Labib Irpan Al Jaini Nasrudin adalah salah satu peserta didik yang di hari ke 21 Ramadan sudah menyelesaikan tilawah Alquran 24 Juz. Saat ditanya resep tilawahnya, ia membaca Alquran setiap selesai shalat lima waktu. Subhanallah.
 

Semoga semarak literasi Alquran di Bulan Ramadan menjadi tonggak lahirnya generasi-generasi qurani yang tiada henti membaca dan mempelajari Al-qur’an sebagai sumber segala ilmu pengetahuan. Wallaahu A’lam (Red)



Kamis, 07 Jun 2018, 19:38:08 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2098 View
Dari Kang Dedi Mulyadi Untuk Guru
Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE