Mengenal SDN 2 Munjul Jaya Purwakarta, Sekolah Unggulan di Area Perumahan Warga

Selasa, 07 Mar 2023 | 16:49:26 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1467


Mengenal SDN 2 Munjul Jaya Purwakarta, Sekolah Unggulan di Area Perumahan Warga
   

SDN 2 Munjul jaya beralamat di Jalan Rawa Sari Kelurahan Munjul Jaya. Sekolah ini terletak di area perumahan warga dan agak jauh dari jalan raya. Dengan luas tanah 1200 meter persegi, skolah ini memiliki 6 ruang kelas dengan 13 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah lebih dari 300 siswa.

SDN 2 Munjul Jaya sejak tahun 2021 dipimpin oleh Bapak Sakimin, S.Pd.I, M.Pd.I dengan jumlah 16 guru dan 1 penjaga sekolah. 

Meskipun terletak agak jauh dari jalan raya dan berada di perumahan, sekolah ini termasuk Sekolah Dasar teraktif dalam kegiatan Pramuka di Purwakarta dan melahirkan banyak Garuda yang merupakan penghargaan tertinggi di ke-Pramuka-an. 

Penerapan 5 Pembiasaan di SDN 2 Munjul Jaya

Sekolah yang mempunyai slogan “HEBAT” (Harmony, Empaty, Brightness, Active and Truthfull) ini menerapkan 5 pembiasan di sekolahnya. Seperti hari Senin yang di fokuskan pada kegiatan ke-Pramukaan. Hari Selasa, mengaktifkan kegiatan literasi sekolah dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk tampil di depan, entah itu untuk belajar berbicara maupun bercerita, sehingga anak-anak kelak bisa tampil berani di depan umum. Selain itu ada pula penayangan cerita dengan menggunakan proyektor yang setelah menonton anak-anak diminta untuk mendramakan cerita tersebut dan diakhir semester kegiatan tersebut dilombakan yang juaranya nanti menjadi perwakilan sekolah di perlombaan baik itu tingkat kecamatan ataupun kabupaten. Untuk hari Rabu ada kaulinan dan senam pagi. Kaulinannya adalah congklak, bakiak dan permainan lainnya dan itu terjadwal per-kelas. Untuk hari Kamis, kegiatan Beas Kaheman di sekolah tersebut selalu menghasilkan 50 kg beras yang di hari Jum’atnya dibagikan kepada anak-anak dan warga sekitar yang tidak mampu oleh siswa itu sendiri sebagai bagian dari peningkatan sikap sosial untuk belajar simpati dan empati.

Karena berada di lingkungan perumahan dan menjadi satu-satunya sekolah di daerah tersebut, ketika PPDB selalu banyak yang mendaftar ke SDN 2 Munjul Jaya bahkan melebihi kuota yang ditetapkan. Orang tua juga banyak membantu sekolah termasuk pembangunan tangga dari lapangan ke ruang kelas. 

Sedangkan visi dari sekolah tersebut ada 4 kunci yaitu: Unggul dengan selalu berusaha menjadi yang unggul dalam berbagai bidang keilmuan maupun ektrakurikuler. Berkualitas, menjadikan sekolah bermutu dan sesuai dengan harapan masyarakat. Penerapan pembagian kuisioner kepada orang tua di akhir semester menjadi masukan dan saran untuk peningkatan kualitas sekolah yang kemudian dibahas lebih lanjut pada saat rapat antara pihak sekolah dan orang tua siswa. Kemudian Imtek dan Imtak yang saat ini belum terlaksana maksimal karena keterbatasan sarana sedangkan Imtak karena tidak jauh dari lingkungan sekolah terdapat pesantren. Yang terakhir adalah budaya mutu yaitu penerapan budaya lima karakter yang terus berjalan di sekolah yang awanya pembiasan menjadi budaya yang rutin dilakukan oleh peserta didik di SDN 2 Tegal Munjul (MH/Red.)



Selasa, 07 Mar 2023, 16:49:26 WIB Oleh : 562 View
Purwanto : Mendidik itu Berinvestasi
Selasa, 07 Mar 2023, 16:49:26 WIB Oleh : 1610 View
SDN 2 Bunder Jatiluhur Miliki Siswi Berprestasi Tingkat Nasional
Senin, 06 Mar 2023, 16:49:26 WIB Oleh : Mira Habibah 688 View
Apel Pagi, Kadisdik Ingatkan tentang Mental dan Karakter sebagai Pelayanan Masyarakat

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE