DISDIK TINGKATKAN KUALITAS MUTU PENGAJAR MELALUI WORKSHOP PENDIDIKAN DENGAN FINLAND UNIVERSITY

Kamis, 13 Des 2018 | 00:17:00 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2117


DISDIK TINGKATKAN KUALITAS MUTU PENGAJAR MELALUI WORKSHOP PENDIDIKAN DENGAN FINLAND UNIVERSITY
   

disdikpurwakartakab.go.id -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Purwakarta. Termasuk diantaranya melalui program workshop pendidikan internasional dengan Finland University yang digelar di Aula Janaka - Kompleks Pemkab Purwakarta, Kamis - Jum'at (08-09/11).


Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa kerjasama dengan Finland University merupakan ikhtiar meningkatkan kualitas pendidikan di Purwakarta.

“Kita akan mempelajari kurikulum yang diterapkan disana (Finlandia). Selain itu kita akan menggandeng Yayasan Mutiara Insani sebagai contoh, karena mereka telah menerapkan kurikulum yang ada di Finlandia pada proses belajar mengajarnya,” ujarnya di sela acara workshop.



Bupati yang akrab disapa Ambu Anne ini pun menjelaskan jika Finlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

“Seperti diketahui saat ini Finlandia merupakan yang terbaik di bidang Pendidikan. Selain itu sistem pendidikan yang diterapkan disana berbentuk ‘Happiness Curriculum’ atau mengedepankan kebahagiaan. Sehingga tidak membuat siswa terbebani karena padatnya kegiatan belajar. Tidak ada yang salah pada sistem pendidikan disini, tapi tidak salah juga kalau kita belajar pada yang terbaik saat ini,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menuturkan bahwa untuk memajukan pendidikan harus meningkatkan kualitas dan mutu pengajar.



“Kualitas dalam proses belajar mengajar sangat mempengaruhi pembentukan generasi muda di Indonesia. Jadi kalau ingin memajukan pendidikan, yang harus di tingkatkan mutu pembelajaran. Nah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, harus terlebih dahulu kualitas gurunya,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk memiliki seorang guru berkualitas maka perlu adanya pelatihan yang bertujuan untuk menambah wawasan guru.



“Saat ini ada 40 guru, diambil dari masing-masing kecamatan di Purwakarta yang mengikuti pelatihan bersama Finland University.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru, cara pandang terhadap anak didik, kurikulum, metodologi pembelajaran harus baik dan sempurna, sehingga didatangkan dari Finland untuk mengasah mereka,” Pungkasnya (NC/Red).



Selasa, 09 Okt 2018, 00:17:00 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1448 View
Rangsang Minat Baca Anak, Siswa SD di Purwakarta Gelar GLS
Jumat, 05 Okt 2018, 00:17:00 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 3101 View
SDN 1 Citalang Purwakarta Konsisten Terapkan Program Pendidikan Berkarakter
Jumat, 05 Okt 2018, 00:17:00 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1567 View
SDN 1 Nagrikidul Gelar Peringatan Hari Besar Muharam

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE