SMPN 6 PURWAKARTA : FESTIVAL MAKANAN SEHAT, PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Selasa, 28 Jun 2022 | 14:07:22 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 562


SMPN 6 PURWAKARTA : FESTIVAL MAKANAN SEHAT, PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Jajaran manajemen SMP Negeri 6 Purwakarta gelar Festival Makanan Sehat Antar Kelas dengan menggunakan bahan utama Singkong dan Ubi.

Kegiatan ini diikuti oleh Peserta Kelas VII dan VIII dengan ketentuan yang diatur ketat, yaitu antara lain (1) Lomba Produk makanan dikerjakan oleh siswa, bahan produksi, alat dan daftar belanja disampaikan dalam format lengkap dan rapih. (2) produk diserahkan kepada panitia sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan. Jika melebihi batas akhir, maka dianggap  gugur. 

Lalu, (3) hasil produk makanan disajikan dengan kemasan atau wadah non-plastik (tidak boleh memakai plastik). Tujuannya adalah untuk keberlanjutan lingkungan dengan penggunaan bahan-bahan yang 'ramah'. Bukan yang sulit terurai seperti plastik.

Kepala SMPN 6 Purwakarta, Irma Silviani, M.Pd. menjelaskan, dalam prakteknya proses lomba dimulai dari persiapan siswa perkelas membuat daftar belanjaan.

"Bahan-bahan yang akan digunakan harus tercatat rapi. Bahan utamanya adalah singkong dan ubi. Kegiatan ini merupakan agenda kegiatan  setelah PAT. Belajar mengimplementasikan penguatan profil pelajar pancasila," katanya

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap makanan tradisional yang sehat.

"Sekaligus menanamkan bahwa bahan makanan tradisional dapat diolah menjadi makanan yang kekinian dan disukai oleh kalangan muda sehingga berpeluang untuk menjadikan bidang usaha dan bernilai Ekonomis. Selanjutnya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai sebuah projek penguatan profil pelajar Pancasila," demikian jelas Irma.

Berikut Daftar Makanan Kelas 7:
1. 7A    : Combro
2. 7B    : Urap Singkong
3. 7C    : Misro
4. 7D    : Getuk singkong gula merah
5. 7E     : Singkong Thailand
6. 7F     : Kolek Ubi
Daftar makanan kelas 8 :
1. 8A    : Putri Noong
2. 8B    : Getuk Lindri
3. 8C    : Katimus
4. 8D    : Kelepon Ubi
5. 8E    : Biji Salak Ubi
6. 8F    : Lapis Singkong (NC/Wid)



Selasa, 28 Jun 2022, 14:07:22 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 466 View
SDN 2 MEKARJAYA GELAR IHT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS TdBA
Selasa, 28 Jun 2022, 14:07:22 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 347 View
M. RAIHAN RAIH PRESTASI DI AJANG KARATE JABAR
Senin, 27 Jun 2022, 14:07:22 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 309 View
SLI Latih Peningkatan Kapisitas Fasilitator Program TdBA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE