PERINGATI HARI GURU, KADISDIK PRAKARSAI PENANAMAN POHON DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Kamis, 13 Des 2018 | 00:06:57 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2179


PERINGATI HARI GURU, KADISDIK PRAKARSAI PENANAMAN POHON DI LINGKUNGAN SEKOLAH
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Bagi Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta, peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI bukan hanya soal rangkaian kegiatan semata. Ada aksi lingkungan pula yang diprakarsai Disdik Purwakarta, yaitu penanaman ribuan pohon di lingkungan sekolah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, H. Purwanto di ruangan kerjanya, Senin (26/11). Dia menuturkan, aksi penanaman pohon dilakukan serentak di seluruh lingkungan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Purwakarta.

"Untuk jenis pohonnya, yang difokuskan saat ini adalah pohon petai. Kenapa? Karena mayoritas guru-guru kita sering makan-makan atau ngaliwet di sekolah. Petai adalah menu lalapan kesukaan warga Jawa Barat dan kita tahu petai bisa jadi obat jika dimakan secara teratur dan tidak berlebihan," katanya.

Lebih lanjut, dia pun mengutarakan alasan lain kenapa pohon petai dijadikan prioritas penanaman saat ini. Menurutnya, petai adalah jenis tanaman langka, karena jarang masyarakat yang menanamnya.

"Nah, sekolah harus memprakarsai penanaman pohon yang langka itu. Jadi, jangan hanya senang memakannya. Tapi, juga harus mau menanamnya," ujarnya.

Teknis penanaman pohon petai di masing-masing sekolah, imbuhnya, dilakukan bagi sekolah yang punya lahan tanam yang cukup. Masing-masing sekolah menanam dua sampai tiga pohon.

"Sementara, bagi yang tidak punya lahan saya anjurkan untuk membuat tanaman bias dan/atau vertical garden. Sehingga, tetap ada suasana hijau dan asri di masing-masing sekolah," katanya.

Lewat upaya penanaman pohon, Kadisdik Purwanto berharap lingkungan sekolah se-Kabupaten Purwakarta semakin hijau dan menyenangkan. 

"Warga sekolah harus cukup oksigen dan udara segar yang hanya bisa berasal dari lingkungan yg hijau.Kalau segar udaranya, enak panorama sekolahnya, maka para siswa dan warga sekolah lainnya akan segar pikirannya. Dan kalau segar pikirannya, maka kegiatan belajar mengajar pun akan menyenangkan," jelasnya.

Tidak cukup itu saja, Kadisdik Purwanto berpikir lebih jauh soal lingkungan sekolah yang ideal di Kabupaten Purwakarta.

"Saya berharap sekolah-sekolah memasukan unsur air di lingkungan sekolah, seperti bikin kolam buatan, dikasih ikan dan ada air yang mengalir, sehingga terdengar gemercik airnya," pungkasnya (NC/Red)



Kamis, 13 Des 2018, 00:06:57 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2144 View
DISDIK DUKUNG PENUH UPAYA PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Kamis, 13 Des 2018, 00:06:57 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 0 View
Kemendikbud Terus Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk Pemetaan Kebutuhan Guru 2019 
Selasa, 25 Sep 2018, 00:06:57 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2122 View
Tim Asesor Provinsi Jawa Barat Diterima di Aula Bale Guru Linuhung

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE