Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran dikunjungi Lembaga Nirlaba Waibi

Rabu, 21 Agu 2024 | 17:52:12 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 106


Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran dikunjungi Lembaga Nirlaba Waibi
   

Pendidikan_Kita – Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta hari Selasa, 20 Agustus 2024 kedatangan tamu Tim WAIB Bappenas RI dari Jakarta. Rombongan yang dipimpin oleh Anang Noegroho disambut langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd beserta jajaran pejabat dan kepala SD maupun SMP Kahuripan Purwakarta.

Yayasan Inisatif Indonesia Biru Lestari yang dikenal sebagai WAIBI adalah sebuah lembaga nirlaba yang didirikan pada 7 November 2014, yang memiliki kepedulian pada isu-isu global dan dampaknya terhadap kondisi lingkungan dan sosial menuju tercapainya Pembangunan Berkelanjutan. WAIBI mempromosikan pendekatan Ekonomi Sirkular, praktik-praktik Pertanian Regeneratif di masyarakat dan kesadaran penuh berbasis resiliensi. Yayasan ini didukung Kementerian Pembangunan dan Perencanaan Nasional (Bappenas)

Tujuan dari kunjungan tersebut, menurut Anang Noegroho, Perencana Ahli Utama Pangan dan Pertanian Bappenas adalah untuk melihat langsung hal-hal baik yang selama ini hanya didapatkan dari cerita saja tentang luar biasanya sistem pendidikan Kabupaten Purwakarta yang berbasis permakulutur.

“Kami bisa melihat sendiri hal-hal baik yang selama ini kami hanya dengar dan sekarang menjadi sebuah kenyataan. Ini adalah langkah awal untuk kebaikan yang kemudian harus dilanjutkan dan bisa disenergikan. Kami sudah bisa merasakan energi baik yang bisa dikoneksikan satu dengan yang lain” ucap Anang.

Sementara menurut Luci Ismail, Ketua I WAIBI mengatakan bahwa satu hal yang sangat maju di Kabupaten Purwakarta adalah adanya sekolah berbasis permakultur seperti sekolah ekologi ini karena mengintegrasikan antara pelestarian lingkungan dan kesadaran berkelanjutan di dalam sistem pendidikan.

“Harapan kami tentunya dengan adanya sekolah ekologi Purwakarta, generasi muda bisa membawa keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu yang lebih hebat lagi bahwa sejak dini, sudah diberikan pemahaman tentang anti korupsi dan ini sangatlah luar biasa” ujar Luci.

Purwanto menyambut baik kunjungan dari WAIBI Bapennas tersebut apalagi salah satu ketuanya yaitu Khaerul Anam Masrur pernah menjadi narasumber kegiatan Pengelolaan Lingkungan sekolah yang diadakan oleh Disdik Purwakarta belum lama ini.

Menurut Purwanto, dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak menjadi support terbesar terhadap maju dan suksesnya pendidikan di Kabupaten Purwakarta.

“Keberhasilan pendidikan berkelanjutan di Kabupaten Purwakarta tidak akan berjalan sukses tanpa adanya kolaborasi dengan berbagai pihak seperti SLI dan kini WAIBI. Semoga ini bisa menjadi pemicu semangat bagi peserta didik di Purwakarta untuk terus belajar dan melestarikan gaya hidup berkelanjutan”

Dalam kunjungannnya ke sekolah ekologi, Rombongan WAIBI sempat mencoba minuman khas sekolah ekologi, Jus Berenuk dan WAIBI memberikan cenderamata pohon Sukun Mentega untuk sekolah ekologi yang ditanam langsung oleh Purwanto maupun kepala sekolah ekologi. Rombongan WAIBI kemudian melanjutkan kunjungan ke SKB dan ke Wanayasa. (MH/Red.)



Rabu, 21 Agu 2024, 17:52:12 WIB Oleh : Mira Habibah 155 View
Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79, SMPN 3 Pasawahan ajak Siswa Peduli Sesama
Rabu, 21 Agu 2024, 17:52:12 WIB Oleh : Mira Habibah 155 View
Majlis Reboan Tampilkan Mata Luka Sengkon Karta
Senin, 19 Agu 2024, 17:52:12 WIB Oleh : Mira Habibah 180 View
Meriahkan HUT RI Ke-97, SDN 3 Nagrikidul Purwakarta Gelar Gubyag Balong

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE