552 Peserta SD dan SMP Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purwakarta Tahun 2024

Rabu, 28 Agu 2024 | 13:35:47 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 369


552 Peserta SD dan SMP Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purwakarta Tahun 2024
   

Pendidikan_Kita – Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta Tahun 2024 yang pembukaan kegiatannya berlangsung di SDN 1 Nagrikidul, Rabu (28/08/2024).

Hadir dalam kegiatan pembukaan pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, Ketua Dewan Pendidikan, Para Pengawas, Korwil, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta FTBI Tahun 2024. Dalam acara pembukaan turut menampilkan juga kesenian Angklung yang ditampilkan oleh peserta didik SDN Ciwangi.

Dalam sambutannya, Heri Wijaya selaku Ketua Pelaksana FTBI Disdik Purwakarta Tahun 2024 mengatakan FTBI merupakan sub kegiatan peningkatan prestasi siswa terahdap Bahasa dan Sastra Kabupaten Purwakarta sehingga rutin dilaksanakan setiap tahun. Nantinya bagi peraih juara 1 tiap lomba kategori putra dan putri akan mewakili Purwakarta ke tingkat Propinsi Jawa Barat.

Ketua Dewan Pendidikan Purwakarta, Agus Marzuki mengatakan dalam sambutannya, Pendidikan Purwakarta harusnya bisa melahirkan juara-juara di bidang Bahasa Sunda karena pembelajaran budaya Sunda sendiri sudah termasuk pada program pendidikan yang ada di 7 Poe Atikan.  Karenanya Agus berharap bagi peserta yang meraih juara di tingkat Kabupaten kemudian bisa meraih prestasi yang lebih tinggi di tingkat Jawa Barat.

Kegiatan FTBI Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta resmi dibuka oleh Kabid Pendas Disdik Purwakarta, Ervin Aulia Rahman, S.E, M.Si. Dalam sambutan pembukaannya, Ervin berharap kegiatan FTBI bisa berlangsung lancar dan juga sukses. Ervin juga mengingatkan kepada para pengawas dan kepala sekolah yang hadir untuk terus meningkatkan kualitas PMM, Belajar.id dan peningkatan literasi dan numerasi pada raport pendidikan. Semua itu agar Pendidikan Purwakarta bisa mempertahankan prestasi yang di tingkat provinsi.

Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) berlangsung dari tanggal 28 s.d. 29 Agustus di SDN 1 Nagri Kidul (Jenjang SD) dan SMPN 1 Purwakarta (Jenjang SMP). Lomba ini diikuti oleh 229 peserta jenjang SD dari 17 Kecamatan dan 323 Peserta SMP. Adapun lomba yang dilaksanakan antara lain: Biantara, Mendongeng, Baca Sajak, Borangan, Nembang Pupuh, Mengarang Carpon, Menulis dan Membaca Aksara Sunda.

Pengumuman pemenang FTBI tingkat Kabupaten akan disampaikan pada saat penutupan kegiatan yang berlangsung esok hari di SMPN 1 Purwakarta. (MH/Red.)



Selasa, 27 Agu 2024, 13:35:47 WIB Oleh : Mira Habibah 494 View
SDN 2 Cimahi Raih Juara Umum Olahraga Tradisional Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2024
Senin, 26 Agu 2024, 13:35:47 WIB Oleh : Mira Habibah 389 View
Kontingen PKBM Purwakarta Ikuti Gema Tunas PKBM Jawa Barat Tahun 2024

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE