Meriahkan HUT RI Ke-97, SDN 3 Nagrikidul Purwakarta Gelar Gubyag Balong

Senin, 19 Agu 2024 | 20:21:46 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 52


Meriahkan HUT RI Ke-97, SDN 3 Nagrikidul Purwakarta Gelar Gubyag Balong
   

Purwakarta, (19/08/2024) – Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-79 tahun, sekolah-sekolah mengadakan berbagai jenis perlombaan yang diikuti tidak hanya oleh peserta didiknya tetapi juga oleh guru-guru. Seperti kemeriahan yang diselenggarakan oleh SDN 3 Nagrikidul Purwakarta, Senin 19 Agustus 2024.

Sekolah yang terletak di Jalan Terusan Kampung Lodaya Purwakarta melaksanakan berbagai lomba bagi peserta didik disesuaikan dengan jenjang kelasnya seperti pawai, lomba balap sendok kelereng, lomba mewarnai gambar, lomba menyusun rangkaian kata HUT Kemerdekaan RI, lomba balap karung dan lomba estafet sarung. Puncaknya semua peserta didik mengikuti kegiatan “Ngagubyag Balong” di kolam ikan yang terletak di belakang sekolah.

Gubyag Balong adalah tradisi di banyak daerah Tatar Sunda yang merupakan tradisi menangkap ikan secara massal. Balong atau kolam ikan di SDN 3 Nagrikidul merupakan hasil dari kegiatan Tatanen di Bale Atikan (TdBA) menanam ikan.

Menurut Kepala SDN 3 Nagrikidul, Rahmat Gunawan semua lomba yang diadakan termasuk Gubyag Balong bertujuan untuk mengajarkan peserta didik kerjasama dan agar mereka mengenal akan budaya lokal yaitu Gubyag Balong

“Kegiatan ini selain bertujuan untuk merayakan kemerdekaan juga untuk mengenalkan kebersamaan dan sportivitas pada peserta didik selain itu agar peserta didik menikmati hasil dari mereka menanam ikan di kolam sekolah.

Terlihat antusias dan kebahagiaan peserta didik terutama saat menangkap ikan di kolam. Kebahagiaan semakin terpancar ketika mereka berhasil menangkap ikan dengan tangan dan usaha mereka sendiri. (MH/Red.)



Senin, 19 Agu 2024, 20:21:46 WIB Oleh : Mira Habibah 52 View
Apel Pagi, Membangun Budaya Pelayanan Prima di Disdik Purwakarta
Kamis, 15 Agu 2024, 20:21:46 WIB Oleh : Mira Habibah 197 View
Pentingnya Sensor Mandiri dalam Menentukan Tontonan Bagi Anak
Kamis, 15 Agu 2024, 20:21:46 WIB Oleh : Mira Habibah 208 View
HUT Pramuka ke-63, Purwanto Terima Lencana Bakti Karya dari Kwartir Nasional

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE