Pameran Pembangunan 2023: Stand Disdik Bertemakan Digitalisasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal

Minggu, 23 Jul 2023 | 19:40:27 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 900


Pameran Pembangunan 2023: Stand Disdik Bertemakan Digitalisasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal
   

Purwakarta, (23/07/2023) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta turut ambil bagian pada Event Pameran Pembangunan Purwakarta Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 20 – 23 Juni 2023. Selama empat hari, Disdik menampilkan apa yang sudah dilakukan untuk Pendidikan Purwakarta serta inovasi-inovasi teknologi yang berbasis kearifan lokal. Stand Disdik termasuk yang sering didatangi oleh para pengunjung tidak hanya oleh beberapa pejabat pemerintahan tetapi juga siswa maupun masyarakat umum.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Purwanto menjabarkan bahwa dalam pameran ini, Disdik menampilkan capaian-capaian yang sudah dilakukan termasuk program-program unggulan yang ada di Purwakarta. Tidak hanya dalam bentuk tampilan gambar, hasil dari proses pembelajaran seperti kain ecoprint, produk TdBA serta buku-buku puisi maupun esai karya guru tetapi juga dalam bentuk tampilan digital dalam layar besar.

“Ada data makro dimana pengunjung bisa melihat data pendidikan dari mulai kondisi bangunan, program pendidikan karakter dan lain-lain. Ada pula School Site  tentang profil sekolah yang ada di Purwakarta. Pengunjung dapat melihat perkembangan literasi bahkan kegiatan penjaga sekolah bisa dilihat di site sekolah” ungkap Purwanto.

Selain itu ada tampilan robot penyiram tanaman yang dibuat oleh siswa-siswi SMPN 7 Purwakarta. Ini membuktikan bahwa teknologi bisa dipadukan dengan kearifan lokal.

“Perkembangan inovasi dan aktivitas-aktivitas sekolah yang memanfaatkan teknologi merupakan bagian dari proses integrasi antara pembelajaran sekolah berbasis teknologi dan kearifan lokal. Pengunjung dapat melihat aktivitas sekolah termasuk proses Tatanen di Bale Atikan dari hulu ke hilir dari mulai pengolahan sampai pasca panen termasuk memanfaatkan robot untuk meyiram tanaman” demikian penjelasan Purwanto. (MH/Red.)



Jumat, 21 Jul 2023, 19:40:27 WIB Oleh : Mira Habibah 542 View
MPLS SMPN 1 Darangdan, Tanti: Saling Menyayangi Dan Menghargai
Jumat, 21 Jul 2023, 19:40:27 WIB Oleh : Mira Habibah 472 View
Peran Keluarga Dan Lingkungan, SDN 1 Darangdan: Sangat Menentukan
Jumat, 21 Jul 2023, 19:40:27 WIB Oleh : Mira Habibah 497 View
Orang Tua Memantau Kegiatan MPLS SMPN 2 Purwakarta Melalui Media Sosial Sekolah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE