Dafa Al Gasemi, Jebolan ASAD Purwakarta Kini Jadi Kiper Timnas U-16

Sabtu, 06 Jul 2024 | 11:53:55 WIB - Oleh Mirah Habibah | Dibaca 506


Dafa Al Gasemi, Jebolan ASAD Purwakarta Kini Jadi Kiper Timnas U-16
   

Purwakarta, (06/07/2024) – Kabupaten Purwakarta kembali menelurkan pemain sepakbola handal yang tahun ini terpilih sebagai bagian dari Squad Timnas U-16. Adalah Dafa Al Gasemi Setiawarman yang menjadi Kiper Timnas U-16 pada event sepakbola ASEAN Cup 2024 U-16.

Jurnalis Disdik Purwakarta berhasil mewawancari Dafa secara online dan mendapatkan banyak cerita luar biasa dari pemain yang saat ini bersekolah di SMA Lazuardi Purwakarta.

Dafa, begitu disapa pemuda kelahiran Batam 12 Februari 2008 yang mengenal sepakbola sejak usia 9 tahun tepatnya kelas 4 SD dengan berlatih sepakbola di salah satu sekolah sepakbola daerah Cikarang. Bakatnya ditemukan saat dirinya kelas 7 SMP dan kemudian bergabung di ASAD 313 Jaya Perkasa, sekolah  sepakbola yang didirikan dan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Menurut Dafa, saat bergabung di Tim Asad Purwakarta, Abah Alwi sebagai manajer sangat memperhatikan  kepentingan pemainnya termasuk pendidikannya. Abah Alwi menginginkan agar bola dan sekolah para pemain bisa berjalan selaras dan kemudian mencarikan sekolah yang mendukung para pemain sepakbola ASAD tersebut juga beruntung karena teman-temannya saat di ASAD sangat luar biasa kompak.

Keinginannya untuk membanggakan orang tuanya melalui olahraga yang dicintainya ini pelan tapi pasti terwujud. Berkat ASAD, Dafa juga bertemu dengan pelatih-pelatih yang sangat berdedikasi hingga Dafa belajar sepakbola dengan lebih professional dan mengikuti turnamen-turnamen berkelas. Tidak hanya mengikuti bahkan menghasilkan prestasi seperti Best Keeper di Top Score Seri National Cup tahun 2022,  lalu juara 3 di piala Suratin tingkat Jawa Barat tahun 2022, dan yg terakhir Best keeper FJL Seri National cup tahun 2023. Diantara semua pertandingan, Piala Suratin adalah yang paling berkesan bagi Dafa.

Di Tahun 2024 setelah melalui seleksi yang cukup ketat oleh Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto, Dafa terpilih masuk tim utama untuk berlaga di ASEAN Cup 2024. Pengalaman yang didapat tentunya sangat luar biasa. Selain dilatih oleh pelatih level Nasional, tempat latihan yang representatif, Pengalaman yang didapat Dafa bisa bertemu dengan lawan dari luar negara, mendapatkan teman-teman baru dan suasana baru. Dafa berharap bisa terus bermain untuk Timnas bahkan bisa kelak bisa bergabung di Timnas senior.

Selain dukungan orang tua, keluarga dan sekolahnya serta pelatih dan manajer ASAD, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwanto selalu memberi semangat dan mendoakan keberhasilan Dafa. Purwanto bahkan pernah berkunjung ke sekolahnya untuk memberikan support kepada Dafa maupun sekolahnya.

Menutup obrolan dengan penulis, Dafa berharap semoga makin banyak anak-anak muda Purwakarta yang bisa tembus ke level nasional baik di bidang olahraga maupun akademis dengan bisa mengimbangi latihan dengan sekolah. Semoga anak-anak muda bisa mencapai cita-cita mereka dan tetap berlatih dengan semangat demi meraih prestasi. (MH/Red)



Jumat, 05 Jul 2024, 11:53:55 WIB Oleh : Mirah Habibah 429 View
Inilah Raihan Prestasi Peserta Didik Kabupaten Purwakarta di Ajang O2SN Provinsi Tahun 2024
Jumat, 05 Jul 2024, 11:53:55 WIB Oleh : Mirah Habibah 1974 View
15 Juli 2024, Batas Akhir Upload Dokumen Kurikulum Bagi Sekolah SD dan SMP di Purwakarta
Kamis, 04 Jul 2024, 11:53:55 WIB Oleh : Mirah Habibah 4957 View
Panduan MPLS Jenjang SMP Disdik Purwakarta Tahun 2024

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE