Hari Pertama MPLS SD Purwakarta Tahun 2024, Terapkan Konsep Mindfullness Bagi Peserta Didik Baru

Senin, 15 Jul 2024 | 21:33:50 WIB - Oleh Mirah Habibah | Dibaca 92


Hari Pertama MPLS SD Purwakarta Tahun 2024, Terapkan Konsep Mindfullness Bagi Peserta Didik Baru
   

Purwakarta, (15/07/2024) – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) telah dimulai secara serentak pelaksanaannya mulai hari Senin, 15 Juli 2024 di seluruh sekolah yang terdapat di Kabupaten Purwakarta. Setiap sekolah diberikan keleluasaan untuk melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik baru dengan lingkungan baru mereka sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dengan suasana sekolah, mengenal teman-teman sekelasnya dan mendapatkan gambaran tentang aktivitas belajar di sekolahnya.

Pelaksanaan MPLS terutama Transisi PAUD SD dibuat sangat menyenangkan layaknya saat mereka belajar di sekolah jenjang sebelumnya. Peserta didik baru juga diberikan materi enam kemampuan pondasi anak.

Untuk tahun 2024 ini, beberapa sekolah di Kabupaten Purwakarta menerapkan konsep “Mindfulness” dalam pelaksanaan MPLS. Hal ini bertujuan agar peserta didik bisa dengan baik menemukan jati diri mereka, dan merancang sikap dan pola perilaku selama menjadi peserta didik. Seperti di dua sekolah yang dikunjungi oleh Tim Media Disdik Purwakarta.

Sekolah Ekologi Kahuripan

Sekolah Ekologi Kahuripan  menerapkan konsep “Mindfullness” di tiap segmennya. Selain makan bersama teman-teman barunya, peserta didik diajak bermain permainan tradisional, dan yang menarik adalah memperkenalkan peserta didik dengan alam seperti kegiatan “menyatu dengan tanah air” dengan mengajak siswa untuk meminum air yang berasal dari tanah sekolah tersebut sebagai simbol penyatuan antara jiwa dan darah daging mereka dengan tanah air di Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran.

 

SDN 2 Mulyamekar

Sementara itu di SDN 2 Mulyamekar, pada kegiatan Mindfulless, peserta didik diperkenalkan dengan teman sebayanya, memperkenalkan orang tua kepada guru-guru dan guru bertanya tentang perasaan peserta didik saat hari pertama masuk sekolah.

Di hari pertama, peserta didik diajak untuk tampil ke di depan teman-temannya untuk menampilkan bakat dan belajar untuk berani tampil sejak usia dini. Kegiatan ini dilakukan agar peserta didik dapat memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan saat pengenalan sekolah. (MH/Ari/Red.)



Rabu, 10 Jul 2024, 21:33:50 WIB Oleh : Mirah Habibah 1822 View
Purwakarta Siapkan Talenta Terbaik Untuk GSI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024
Rabu, 10 Jul 2024, 21:33:50 WIB Oleh : Mirah Habibah 263 View
Tips Belajar Sungguh-Sungguh Ala Aura, Bintang Sobat SMP Asal Maniis Purwakarta
Senin, 08 Jul 2024, 21:33:50 WIB Oleh : Mirah Habibah 2366 View
Aura Nuzuly Syifa, Delegasi Purwakarta di Bintang Sobat SMP Kemendikbud RI Tahun 2024

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE