KADISDIK SOSIALISASI FESTIVAL MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT PELAJAR PURWAKARTA

Senin, 13 Jun 2022 | 11:36:26 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 615


KADISDIK SOSIALISASI FESTIVAL MAKANAN DAN MINUMAN  SEHAT PELAJAR PURWAKARTA
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta Dr. H. Purwanto,M.Pd. menyampaikan arahan langsung terkait kegiatan “Festival Makanan dan Minuman Sehat Pelajar Purwakarta”, melalui koneksi virtual zoom, Minggu (12/06) lalu. 

 

Agenda sosialisasi dihadiri seluruh jajaran pejabat, Staf, Para Pengawas, dan Koordinator Wilayah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, dan tidak ketinggalan Konsultan Dinas Pendidikan Purwakarta, Mochmad Irvan Efrizal.

 

Dalam arahannya, Kadisdik Purwanto menjelaskan bahwa kegiatan Festival Makanan dan minuman Sehat Pelajar Purwakarta ini memiliki tema “Kemandirian Pangan untuk Generasi Emas” yang masuk dalam Rangkaian Hari Jadi Purwakarta ke-191 Kabupaten Purwakarta ke 54 Tahun. Substansi kegiatan adalah membangun kesadaran bersama untuk melahirkan generasi Emas 2045—dimulai dari makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

 

Program Tatanen di Bale Atikan, sambung dia, sudah melahirkan berbagai macam produk hasil pembelajaran baik dalam bidang makanan, fashion, kriya, cindera mata, hingga nutrisi alami yang bermanfaat untuk perbaikan kualitas lingkungan. 

 

“Pada festival kali ini para pelajar secara khusus akan menyajikan berbagai kreasi makanan dan minuman sehat yang di olah dari bahan yang tersedia di lingkungan sekolah serta dari bahan lokal disekitarnya,” jelasnya. 

 

Secara teknis, imbuhnya lagi, para peserta didik nanti yang akan mengikuti Festival makanan dan minuman sehat ini akan melalui tahapan seleks. 

 

“Tahapan Sosilaisasi dimulai dari tanggal 23 Juni 2022 – Tahapan Pendaftaran Peserta Festival 13-23 Juni 2022 – Tahapan Seleksi Peserta Festival 23-30 Juni 2022,” runutnya. 

Diketahui, ada sejumlah persyaratan yang ditentukan untuk partisipasi di agenda ini. Salahsatunya adalah kriteria ketentuan makanan dan minuman yang dipresentasikan, antara lain : 

 

1. Makanan dan Minuman yang dapat diikut sertakan pada kegiatan festival ini adalah hasil panen, makan dan minuman hasil olahan, hasil pengawetan alami, dan hasil fermentasi

2. Merupakan makanan dan minuman bergizi yang mengandung nutrisi untuk kebaikan tubuh seperti karbohidrat, serat, protein, mineral dan vitamin.

3. Tidak mengandung bahan pengawet, penyedap dan penguat rasa sintesis serta pewarna buatan.

4. Sebagian besar mengandung bahan-bahan lokal yang disesuaikan dengan potensi daerah.

5. Makanan dapat diolah dengan berbagai macam kreasi olahan baik nuansa local maupun global. (NC/Wid)



Senin, 13 Jun 2022, 11:36:26 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 321 View
PURWANTO IMBAU PENINGKATAN PELAYANAN, PERUBAHAN KETERAMPILAN DAN SIKAP SDM DISDIK PURWAKARTA
Minggu, 12 Jun 2022, 11:36:26 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 540 View
PURWANTO : FALSAFAH PENDIDIKAN HARUS MENJADI POLA LAKU PROFESI KITA
Sabtu, 11 Jun 2022, 11:36:26 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 434 View
Sambangi SMPN 2 Sukasari, Bupati Apresiasi Sumbangsih KODIM 0619

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE