DISDIK PURWAKARTA MAKSIMALKAN POTENSI ZAKAT UNTUK BANTU SESAMA

Selasa, 12 Mar 2019 | 15:05:54 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 1724


DISDIK PURWAKARTA MAKSIMALKAN POTENSI ZAKAT UNTUK BANTU SESAMA
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Potensi Zakat dari lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta disadari sangat besar. Untuk itu, perlu langkah pengelolaan yang tepat agar potensi yang ada bisa dimaksimalkan. 

Keterangan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto usai memimpin rapat Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) Disdik Kabupaten Purwakarta, di aula Rapat Pimpinan (Rapim), Senin (11/02) lalu. Rapat itu sendiri dihadiri oleh para pejabat Dinas, kepala UPTD, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMP, SD dan Ketua Baznas Purwakarta.  

“Dinas Pendidikan memiliki potensi pengumpulan dana zakat yang besar.  Semua pegawai dinas pendidikan harus mengetahui berapa zakat yang sudah masuk nisab dari total pendapatannya. Kesadaran terhadap zakat sangat penting, Sebab, zakat memberikan keberkahan terhadap pendapatan yang diperoleh, khususnya jajaran Disdik Purwakarta,” katanya. 

Dia melanjutkan, pada prinsipnya zakat mempunyai kekuatan yang besar untuk membuat kehidupan lebih sejahtera. Pada konteks itu, Disdik Purwakarta, singgungnya, mempunyai potensi pengumpulan zakat yang besar dan menyelesaikan problem-problem kemiskinan dan kesejahteraaan di Kabupaten Purwakarta. 

“Kita bisa membantu anak-anak dari penjaga sekolah, para guru yang berprestasi tapi mempunyai keterbatasan biaya. Termasuk, bisa juga disalurkan kepada mereka yang sakit, apakah itu penjaga sekolah ataupun honorer yang terkendala keterbatasan biaya.  Tidak lupa, dana zakat juga bisa didistribusikan kepada mereka yang rumah-rumahnya sudah tidak layak huni,” paparnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta, H. Safarudin mengatakan, rapat ini adalah langkah awal yang sudah ditunggu-tunggu Baznas Purwakarta untuk bisa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. 

“Sebenarnya proses penarikan zakat itu sudah berjalan sejak lama di Dinas Pendidikan, hanya saja proses pencatatannya saja yang belum maksimal. Hari ini, Alhamdulillah, terjadi rapat koordinasi. Sehingga, harapan kami, ke depan proses pencatatan dari penarikan zakat ASN di Dinas Pendidikan dapat makin maksimal. Respon Kepala Dinas Pendidikan sendiri, Alhamdulillah, luar biasa. Responnya sampai melakukan sosialisasi seperti ini melibatkan semua unsur terkait dalam pengelolaan zakat, “ pungkasnya kagum. (NC/Red).



Rabu, 20 Feb 2019, 15:05:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 1953 View
KADISDIK AJAK KEPALA SEKOLAH BERKOMITMEN TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERKELANJUTAN
Jumat, 04 Jan 2019, 15:05:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 4063 View
KADISDIK : KEBIJAKAN TKD DITUJUKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ASN
Sabtu, 22 Des 2018, 15:05:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2785 View
BIDANG DIKDAS - DISDIK PURWAKARTA GELAR RAPAT KONSOLIDASI & SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN BOS

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE