PUASA SENIN DAN KAMIS
SANGAT BERMANFAAT BAGI SISWA

Selasa, 31 Mar 2020 | 08:49:38 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1464


PUASA  SENIN DAN KAMIS
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Sebaiknya waktu libur atau ditiadakan pembelajaran sementara di sekolah seperti  saat  ini  karena  merebaknya  Covid-19 (Corona)  bisa dimanfaatkan para  peserta didik  selain  melakukan kegiatan  belajar daring dirumah  juga diisi  kegiatan lain  yang  lebih positif dibandingkan hanya bermalas-malasan, kegiatan tersebut  diantaranya  membaca Alquran, menulis, membaca  buku dan novel, olahraga, memasak, musik, membersihan rumah, berkebun  di halaman  rumah,  berjemur serta  puasa  sunat  senin  dan  kamis  yang  sangat  banyak manfaatnya. Bicara puasa  sebentar  lagi kita  akan menjalani  puasa  Ramadan 1441 H.

Puasa atau dikenal dalam Bahasa Arab “shaum” merupakan salah satu ibadah yang dijalankan umat Islam di seluruh dunia. Secara harfiah, puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus dari terbit matahari sampai tenggelam matahari. Inti dari puasa sesungguhnya ialah menahan hawa nafsu. Selain puasa Ramadan, terdapat juga puasa sunnah lainnya, salah satunya puasa senin kamis. Puasa senin kamis hukumnya sunnah yaitu jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, jika tidak maka orang tersebut tidak akan berdosa.  Bukan tanpa alasan puasa senin kamis banyak diamalkan pada dua hari tersebut.

Terdapat hadits yang mengatakan bahwa amal-amal manusia dicatat pada hari tersebut. Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Segala amal manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR Tirmidzi). Sama halnya dengan puasa Ramadan, waktu pelaksanaan puasa senin kamis dimulai dari sejak terbit matahari dan diakhiri dengan terbenamnya matahari.

Berikut keistimewaan puasa Senin Kamis :

(1). Hari dimana pintu-pintu surga dibuka (2). Amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT. (3). Senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam dan menerima wahyu.

Sedangkan manfaat puasa Senin Kamis ialah sebagai  berikut :

(1). Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang (2). Melatih diri untuk berdisiplin, dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal, karena ia merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang ia lakukan sehingga ia akan selalu mawas diri. (3). Bermanfaat bagi kesehatan tubuh, puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan jantung. (4). Menurunkan hawa nafsu dan terhindari dari semua godaan setan. (5) Meningkatkan kinerja otak dalam mengingat (6) Menjadi obat penghilang stres. Khasiat yang satu ini bisa dikatakan sangatlah besar mengingat bahwa tingkatan stres pada setiap orang tentu saja berbeda, namun, ketika kita tengah menjalankan ibadah puasa sunnah senin kamis,  otak dan otot bisa rilek sejenak dalam kegiatan dan masalah yang rumit dan berat-berat. (7)  Sebagai  latihan  menghadapi  puasa wajib Ramadan,(8) Dapat meningkatan amal, dengan berpuasa kita akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah, Swt dan otomatis melakukan amalan-amalan baik yang bertambah.

 

Demikian keutamaan puasa senin kamis beserta manfaatnya, melakukan puasa tersebut secara rutin akan membuat perasaan kalian lebih tenang dan jauh lebih enak  serta bisa menjaga pikiran. Mari kita  istiqomahkan  puasa senin kamis selagi muda.

Penulis  : Isep Suprapto, M.Pd (SMPN 2 Plered Kab. Purwakarta)

Sumber : http://portalsatu.com/read/kanal/5-cara-isi-waktu-libur-bermanfaat-sambil-menunggu-buka-puasa-30090

https://blog.kitabisa.com/20-manfaat-puasa-senin-kamis-bagi-dunia-akhirat



Selasa, 31 Mar 2020, 08:49:38 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 23743 View
WHATSAPP GROUP (WAG) WALI KELAS
Selasa, 31 Mar 2020, 08:49:38 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 99144 View
LIBUR SELAMA PANDEMI CORONA
Selasa, 24 Mar 2020, 08:49:38 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1590 View
Melirik Aplikasi Learning from Home and Working from Home di SMPN 5 Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE