WHATSAPP GROUP (WAG) WALI KELAS
SEBUAH ALTERNATIF “RUANG BELAJAR DARING SEDERHANA” BAGI SISWA

Selasa, 31 Mar 2020 | 07:35:44 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 22525


WHATSAPP  GROUP (WAG) WALI KELAS
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Sebagai upaya pencegahan kemungkinan penularan Covid-19 pada satuan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, baik kepada peserta didik, guru, kepala sekolah, dan seluruh warga sekolah yang menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan tersebut  maka  kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan oleh Pemerintah  Daerah melalui Dinas  Pendidikannya  masing-masing dimulai tanggal 16 Maret  2020 sampai  tanggal 11 april 2020.

Proses belajar mengajar dilaksanakan melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum. Belajar dari rumah juga dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19. Para  guru dan siswa dapat memanfaatkan IT google clasroom, rumah belajar, zoom cloud meeting bagi sekolah yang memadai fasilitasnya dan  pemanfaatan aplikasi WhatsApp (WhatsApp Group) pada gadget. Istilah daring adalah singkatan dari “dalam jaringan” yang merupakan terjemahan bahasa Indonesia untuk istilah bahasa Inggris “online“.

Pada umumnya pengertian daring atau online menyatakan konektifitas atau dalam penggunaan yang biasanya menyatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet atau World Wide Web menggunakan perangkat tertentu seperti laptop, PC, gadget dan lain-lain. Sedangkan istilah luring adalah kependekan dari “luar jaringan” yang merupakan terjemahan bahasa Indonesia untuk istilah bahasa Inggris “offline“.

Istilah luring atau off-line lawan kata dari daring atau online yang biasanya menyatakan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan internet atau World Wide Web (WWW). Merebaknya  pandemi Covid-19  atau  virus  corona merubah segala aktivitas  kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan, peniadaan  KBM di sekolah harus  disikapi  dan diganti pembelajaran secara daring dengan cepat dan sedikit “darurat” yaitu  salahsatunya yang  paling  ril  dan siap serta  sederhana ialah memaksimalkan  fungsi WA group  wali kelas, hal ini dikarenakan WA group semua anggotanya para siswa dan  sudah  “merata” ada di sekolah-sekolah yang  ada di perkotaan dan di pedesaan.

WA group  wali kelas dikendalikan langsung oleh wali kelas yang berfungsi sebagai agen informasi, dengan begitu, wali kelas sekaligus menjadi pengunggah informasi utama. Semua informasi dari sekolah baik kebijakan sekolah maupun kebijakan kelas menjadi tanggung jawab wali kelas dalam pemberitaannya melalui WA group.

Dengan adanya WA group wali kelas tersebut, arus informasi terkait dengan kegiatan pembelajaran di sekolah kepada orang tua siswa menjadi cepat dan akurat. Sudah pasti dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut sering kali belum bisa sempurna. 

Jika proses pembelajaran seperti itu diulang-ulang dengan perbaikan demi perbaikan dapat dipastikan, kemampuan anak untuk menangkap penjelasan guru juga akan semakin meningkat. Bahkan bukan mustahil pada akhirnya siswa mampu melakukan dan mewujudkan tujuan pembelajaran baik dalam bentuk produk belajar maupun dalam bentuk sikap dan perilaku hidup.

Dalam  pembelajaran  daring melalui WA group wali kelas saat  merebaknya pandemi  corona  saat ini, para wali kelas  sebelumnya sudah menentukan waktu dan lama belajar melalui daring  WA group  wali kelas ini, awali dengan  absen siswa serta mengajukan pertanyaan seputar bagaimana cara mencegah pandemi corona, misalnya apakah  para siswa sudah  mencuci tangan  dengan  benar, mandi, beribadah, membersihkan kamar, rumah, halaman rumah, serta  berolahraga lalu  memberikan  penjelasan materi di buku siswa (buku sumber) serta  soal latihan.

Jika kurang faham bisa terjadi komunikasi ada  proses bertanya antara  para siswa di anggota WA group  tersebut dengan bimbingan wali kelas. Proses dan hasil  pembelajaran daring  melalui  WA group walikelas ini dapat didokumentasikan dengan foto kamera sebagai  bukti pembelajaran daring telah terlaksana pada hari itu. Semoga bermanfaat.


Penulis : Isep  Suprapto, M.Pd
Guru  SMPN 2  Plered Kab. Purwakart



Selasa, 31 Mar 2020, 07:35:44 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 96132 View
LIBUR SELAMA PANDEMI CORONA
Selasa, 24 Mar 2020, 07:35:44 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1482 View
Melirik Aplikasi Learning from Home and Working from Home di SMPN 5 Purwakarta
Minggu, 22 Mar 2020, 07:35:44 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 3193 View
Hindarkan Siswa Kita Dari Sesat Pikir (Logical Fallacy)

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE