KKG PAI Kecamatan Bungursari Tetap Selenggarakan Santunan Yatim

Kamis, 09 Sep 2021 | 14:04:46 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 311


KKG PAI Kecamatan Bungursari Tetap Selenggarakan Santunan Yatim
   


Oleh : Vicky Pratiwi (GPAI SDN 2 Cikopo Bungursari)

Bertempat di SDN Bungursari, Selasa  (07/09/2021), Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Bungursari menggelar acara santunan bagi anak-anak  yatim yang berada di wilayah kecamatan Bungursari.
Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan di lingkungan dinas pendidikan kecamatan Bungursari ini dilaksanakan pada setiap awal tahun Hijriah.

Hadir dalam acara ini para pengawas sekolah, pengawas Pendidikan Agama Islam, ketua K3S, para kepala sekolah serta guru-guru Pendidikan Agama Islam dan perwakilan dari anak yatim. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan ini berlangsung dengan  khidmat dan lancar.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an  oleh Epi Sopiati, S.Pd.I, guru PAI SDN 1 Cikopo, dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana, H. Sudaryana, S. Pd. I. Disampaikan bahwa jumlah santunan yang terkumpul tahun ini sebesar Rp. 26.086.000 dengan jumlah anak yatim sebanyak 164 orang dari 16 sekolah dasar yang ada di wilayah kecamatan Bungursari. Jumlah nominal santunan tahun ini berkurang karena dalam situasi pandemi ini guru PAI yang menjadi motor kegiatan mengalami kendala dalam menghimpun infaq guru di masing-masing sekolahnya. 

Dalam sambutan Ketua K3S Bungursari, Farid Sastramulyana, S.Pd menyampaikan apresiasinya kepada KKG PAI Bungursari atas penyelenggaraan kegiatan ini. Meski demikian, beliau berharap agar guru PAI tetap semangat dan tidak merasa ragu untuk selalu mengingatkan guru-guru dalam menunaikan  infaq rutinnya, walaupun saat ini masih dalam keadaan pandemi.

Hal yang sama disampaikan oleh Kuswara, S. Pd , pengawas bina pada sekolah dasar kecamatan Bungursari. Beliau menyampaikan bahwa ide mulia yang berawal dari guyonan sehari sebatang rokok oleh almarhum H. Suryatna Trisna (Ka UPTD Rahimahullah, red) ini menjadi cikal bakal penyelenggaraan santunan anak yatim yang hingga saat ini masih tetap dilaksanakan di dinas pendidikan kecamatan Bungursari. 

Masih menurut beliau, kegiatan yang sudah berlangsung selama satu dekade ini harus tetap dijaga. Dan menjadi tugas kita bersama untuk saling mengingatkan. “Semoga apa yang kita laksanakan hari ini menjadi amal ibadah yang terus mengalir kepada almarhum dan menjadi wasilah diampuni segala dosa-dosa nya.” Demikian harapannya.

Sementara untuk  penyerahan uang santunan secara simbolis disampaikan oleh Ibu Tuti Herawati, S. Ag. selaku Pengawas PAI kecamatan Bungursari. Dalam pengantarnya, beliau menyampaikan  rasa syukur dan terimakasihnya kepada seluruh guru sekolah dasar di kecamatan Bungursari yang telah berperan serta dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, inilah wujud keteladanan bagi anak-anak didik, yang secara langsung akan menjadi transformasi nilai  akan arti pentingnya berbagi dan peduli.

Didampingi Ketua K3S dan bapa ibu pengawas sekolah dasar kecamatan   Bungursari, santunan disampaikan  kepada dua perwakilan siswa yatim dari SDN Bungursari, yaitu ananda Rehan dan ananda Nela. 

Acara santunan diakhiri dengan pembacaan do’a bersama yang dipandu oleh ketua KKG PAI kecamatan Bungursari, Bapak R.A Turmudzi, S.Ag.



Kamis, 09 Sep 2021, 14:04:46 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 314 View
Purwakarta Melak Awi
Kamis, 09 Sep 2021, 14:04:46 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 0 View
Purwakarta Melak Awi
Rabu, 08 Sep 2021, 14:04:46 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 342 View
Sebanyak 21 Kepala Sekolah Resmi Dilantik

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE