SMPN 2 Purwakarta, Komik Digital Untuk Pembelajaran Pendidikan Berkarakter

Selasa, 31 Jan 2023 | 18:35:38 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1086


SMPN 2 Purwakarta, Komik Digital Untuk Pembelajaran Pendidikan Berkarakter
   

UPTD SMP Negeri 2 Purwakarta melakukan inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang sudah dilaksanakan sejak bulan November 2022. Inovasi tersebut adalah pembelajaran Komik digital dengan menggunakan aplikasi Canva sebagai materi dari pembelajaran Teknologi Informatika dan Komputer (TIK).

Menurut Guru TIK Kelas 7, Ibu Sayyidah Nurul Hayati, S.Pd pembelajaran komik digital ini terinspirasi dari pengawas sekolah yang meminta sekolah untuk membuat produk literasi.

“Karena minat baca kurang tetapi para peserta didik senang mendengarkan cerita maka para siswa kelas 7 kemudian di ajarkan materi pembuatan komik untuk kemudian dipraktekan dengan membuat cerita tentang Tatanen di Bale Atikan (TDBA) dan ternyata para peserta didik menyukainya” tutur Ibu Sayyidah

Selain kelas 7, siswa kelas 9 oleh guru mata pelajaran PPKn yaitu Ibu Ripa Sa’adah juga membuat pembelajaran komik digital dengan materi Pendidikan Anti Korupsi (PAK). Pemilihan aplikasi Canva karena aplikasi tersebut paling mudah digunakan dan sudah ada template komiknya. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan dengan menggunakan HP.

Salah satu siswa yang saat itu sedang mengikuti pembelajaran yaitu Jemy Ardiansyah mengatakan bahwa pembelajaran komik digital ini sangatlah menyenangkan.

‘Kita tinggal memindahkan apa yang disampaikan guru menjadi cerita bergambar. Selain itu banyak sekali template-template menarik yang tersedia di aplikasi canva sehingga memudahkan kami berkreasi”. Kata Jemy

Sedangkan menurut Kepala SMPN 2 Purwakarta, Dra. Arlyda Shounara pembelajaran Komik Digital di SMPN 2 Purwakarta ini merupakan bagian dari Penguatan Pendidikan Berkarakter di SMPN 2 Purwakarta yang diunggulkan dalam penguatan literasi digital dengan memanfaatkan teknologi aplikasi seperti Canva, Kahoot dan lainnya.

“Pembuatan komik digital di SMPN 2 Purwakarta adalah salah satu inovasi pembelajaran dalam rangka meningkatkan pembelajaran teknologi di sekolah. Materi yang disampaikan adalah tentang TDBA dan PAK kemudian dibuat dalam bentuk cerita komik digital”. Tutur Ibu Arlyda.

Total sudah ada 20 komik yang dibuat siswa. Di bulan Februari nanti, para siswa per kelas akan menampilkan logo yang mereka buat pada produk TDBA masing-masing kelasnya.

“SMPN 2 Purwakarta sebagai sekolah penggerak ke depannya bisa menjadi sekolah yang unggul dalam teknologi pembelajaran digital dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah oleh siswa maupun guru-guru SMPN 2 Purwakarta”. Tutur Ibu Arlida. (MH/Red)



Senin, 30 Jan 2023, 18:35:38 WIB Oleh : Mira Habibah 768 View
Apel Pagi, Sekdisdik Minta SKP Sesuai Dengan yang Dikerjakan
Senin, 30 Jan 2023, 18:35:38 WIB Oleh : 1125 View
SDN Pasawahan Kidul Sukses Juarai Lomba Tiktok Edukasi Hari Gizi Nasional
Senin, 30 Jan 2023, 18:35:38 WIB Oleh : 802 View
SDN 1 Nagrikidul Manfaatkan Platform Google Workspace for education

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE