Peringatan Hardiknas 2024 Kabupaten Purwakarta, Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

Kamis, 02 Mei 2024 | 12:56:58 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 201


Peringatan Hardiknas 2024 Kabupaten Purwakarta, Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar
   

Purwakarta, (02/05/2024) – Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Purwakarat tahun 2024 digelar di Lapangan Pasanggarahan Pajajaran Alun-Alun Purwakarta, Kamis (02/05/2024). Bertindak sebagai Pembina Upacara, Pejabat Bupati Purwakarta, Drs. Benni Irwan, M.Si, M.A.

Upacara dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan beserta tamu undangan seperti Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala OPD se-Kabupaten Purwakarta, Forkopimda, Para Pejabat Eselon I dan II, pejabat Dinas Pendidikan, serta tamu undangan lainnya. Peserta upacara terdiri dari peserta didik jenjang SD, SMP, SMA dan mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Purwakarta serta para kepala sekolah TK, SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Purwakarta.

Untuk tahun ini, peringatan Hardiknas 2024 mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Pj Bupati membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim bahwa lima tahun terakhir adalah waktu yang sangat mengesankan bagi Kemendikbudristek karena bisa menjadi pemimpin dari Gerakan Merdeka Belajar dan menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan Pendidikan Indonesia. Bukan tugas yang sederhanan untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran dan selama lima tahun ini sudah merayakan karya-karya yang kreatif dari guru maupun anak-anak Indonesia.

Setelah membacakan sambutan Menteri, Pj, Bupati berharap agar kepala sekolah dan guru di Kabupaten Purwakarta memilki komitmen kemandirian dan kepedulian dalam akselerasi Merdeka belajar di Purwakarta yang ditandai dengan Delta capaian raport Pendidikan, optimalisasi akun belajar.id, platform Merdeka belajar serta terimplementasinya kurikulum Merdeka belajar pada pembelajaran.

Masih menurut Pj. Bupati, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kepala sekolah antara lain; pertama,  visi dan misi sekolah harus dirumuskan secara jelas, dipahami oleh stakeholder sekolah dan dapat diukur ketercapaiannya. Kedua, program kegiatan di sekolah disusun secara sistematis, terencana dan terukur sehingga memudahkan dalam evaluasi dan perbaikan. Ketiga, membangun komuniikasi dengan pihak terkait dalam upaya memaksimalkan layanan dan hasil capaian pembelajaran di sekolah. Keempat, Hindari Tindakan-tindakan yang dapat mencederai kehormatan dunia Pendidikan, jauhi sikap diskriminatif, intoleran dan perundungan baik terhadap peserta didik maupun warga sekolah lainnya.

Pada Peringatan Hardiknas Tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2024 diberikan penghargaan kepada sekolah maupun guru yang  berprestasi dan berdedikasi. (MH/Red.)

 



Rabu, 01 Mei 2024, 12:56:58 WIB Oleh : Mira Habibah 264 View
Penamanam Bambu di Arboretum Linuhung oleh Tokoh Masyarakat dan Pejabat Daerah
Selasa, 30 Apr 2024, 12:56:58 WIB Oleh : Mira Habibah 154 View
Belajar Yoga Melalui LEANS
Selasa, 30 Apr 2024, 12:56:58 WIB Oleh : Mira Habibah 184 View
Purwanto: Menyemai Karakter melalui TdBA di PAUD

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE