KATA DALAM KOMPOSISI TULISAN

Minggu, 12 Apr 2020 | 18:41:17 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2326


KATA DALAM KOMPOSISI TULISAN
   

Oleh : Cucu Agus Hidayat

disdik.purwakartakab.go.id -- Dalam morfologi, morfem merupakan satuan terkecil dan kata merupakan satuan terbesar. Dalam tataran sintaksis, kata merupakan satuan terkecil yang membentuk satuan di atasnya, yaitu frase. Dengan demikian, kata adalah satuan terkecil dari kalimat/klausa. Kata dapat dikenali dari unsur dan proses pembentukannya. Ada kata yg mengalami proses gramatikalisasi, afiksasi, reduplikasi, pemendekan, dan komposisi. 

Sebagai satuan terkecil dalam sintaksis, kata sangat berperan dalam klausa atau kalimat. Setiap kata mengungkapkan sebuah gagasan atau penyalur gagasan yang akan disampaikan kepada orang lain. Sementara, kalimat merupakan satuan bahasa yang relatif lengkap yang langsung digunakan dalam komunikasi. Sebagai satuan bahasa, kalimat merupakan susunan kata-kata yang teratur yang berisi pikiran yang lengkap. Dengan demikian, dalam menulis, kata-kata disusun dalam jaringan-jaringan sintaksis menjadi kalimat. Sekumpulan kalimat menjadi sebuah paragraf.

Dalam sintaksis, kata memiliki tiga peran pokok, yaitu sebagai pengisi fungsi sintaksis, sebagai penanda kategori sintaksis, dan sebagai perangkai atau penyatuan satuan-satuan/bagian-bagian dari satuan sintaksis. Peran kata dalam kalimat seperti contoh di bawah ini :

*Agus melirik Neni*
-Fungsi : 
Agus (S), melirik (P), dan Desti (O)
-Kategori : 
Agus (N), melirik (V), dan Desti (N)
-Peran : 
Agus (pelaku), melirik (tindakan), dan Desti (tujuan).

Berdasarkan uraian di atas, cara merangkai kata menjadi kalimat harus memperhatikan fungsi, kategori, dan peran kata dalam kalimat. Untuk itu, diperlukan pemahaman tentang kata, proses pembentukan kata (dari kata dasar, lalu menjadi kata berimbuhan, kata ulang, dll.), kekayaan kata (kosa kata), dan perilaku kata. Perilaku kata yaitu kebebasan kata berpindah tempat di dalam setiap kalimat, atau tempatnya bisa diisi dan digantikan oleh kata lain, atau juga dipisahkan oleh kata lain.

Apabila dalam komposisi tulisan, penggunaan kata sudah disusun dengan memperhatikan fungsi, kategori, dan peran, serta perubahan bentuk, mobilitas, dan maknanya, maka akan menjadi kalimat yang baik. Kalimat-kalimat yang disusun dengan prinsip komposisi, dapat menghasilkan paragraf yang padu dan utuh.



Minggu, 12 Apr 2020, 18:41:17 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1117 View
WFH ALA NINA LIDIAWATI GURU PAUD DI PURWAKARTA
Minggu, 12 Apr 2020, 18:41:17 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1381 View
GURU LAWAN COVID 19
Kamis, 21 Mei 2020, 18:41:17 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 887 View
SENJA GEMILANG

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE