INI RAHASIA DI BALIK KEBERHASILAN SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA

Jumat, 14 Sep 2018 | 19:57:09 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 931


INI RAHASIA DI BALIK KEBERHASILAN SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Sistem pendidikan Finlandia diakui sebagai yang terbaik di dunia. CEO Finlandia University, Pasi Kaskinen menceritakan proses yang terjadi dibalik sistem pendidikan terbaik itu.

Disela kunjungan Finland University ke SDN Ciwangi, Jum’at (14/09), Pasi menuturkan bahwa tingginya mutu pendidikan di negaranya tidak terlepas dari kontribusi guru. Dalam hal ini, kata dia, kualitas para guru di Finlandia terus ditingkatkan secara berkesinambungan.

“Para guru di Finlandia semuanya telah bergelar master. Mereka memiliki kompetensi mengajar yang baik dan kompeten pula pada mata pelajarannya masing-masing," ungkapnya.

Dia melanjutkan, tiap calon guru yang akan mengajar, sebelumnya telah mempunyai pengalaman mengajar sejak masuk fakultas pendidikan.

"Jadi, waktu mau jadi guru sudah tidak ada tes lagi, karena mereka sudah lama mengajar sejak pertama kali masuk kuliah pendidikan. Pengalaman tersebut sangat penting untuk mengajar," tuturnya.

Berbicara tentang pendidikan di Indonesia, menurut Pasi, sistem pendidikan Indonesia sudah bagus namun butuh waktu sekitar 30 tahun untuk bisa seperti Finlandia.

"Secara teori Finlandia butuh 30 tahun untuk bisa membangun sistem pendidikan yang bagus. Saat ini kualitas pendidikan di setiap sekolah di Finlandia sudah merata sedangkan di Indonesia ada yang kualitasnya bagus banget ada yang masih kurang," pungkasnya. (NC/Red)



Jumat, 14 Sep 2018, 19:57:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1369 View
FINLAND UNIVERSITY GELAR RAPAT DENGAR PENDAPAT DENGAN DISDIK PURWAKARTA
Minggu, 09 Sep 2018, 19:57:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1351 View
Bantuan Dana Pelajar Purwakarta Untuk Lombok Resmi Diserahkan ke PR Grup
Jumat, 24 Agu 2018, 19:57:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1192 View
HADIRI WORKSHOP KURIKULUM KADISDIK HARAPKAN GURU MAMPU KENALI KARAKTERISTIK SISWA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE