HADIRI WORKSHOP KURIKULUM KADISDIK HARAPKAN GURU MAMPU KENALI KARAKTERISTIK SISWA

Jumat, 24 Agu 2018 | 13:42:17 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1192


HADIRI WORKSHOP KURIKULUM KADISDIK HARAPKAN GURU MAMPU KENALI KARAKTERISTIK SISWA
   

disdik.purwakartakab.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta memfasilitasi workshop penyusunan administrasi pembelajaran mata pelajaran IPS Tahun 2018/2019, di aula Kantor Cabang Bank BJB Purwakarta, Sabtu (11/08) kemarin.

Workshop tersebut diikuti oleh para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sementara, narasumber yang memberikan paparan pada kegiatan itu adalah Drs. Aceng Kuswaya, M.Pd dan Enang Ahendi, S.Pd, M.Pd yang sama-sama merupakan praktisi pendidikan.  

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menghadiri langsung perhelatan tersebut. Di kesempatan itu, dia kembali mengingatkan hal-hal yang paling mendasar terkait proses pembelajaran.  

“Dalam proses interaksi antar guru dan murid di kelas, para guru dituntut memiliki kompetensi memahami karakteristik siswa,” ujarnya mengawali kesempatan sambutan.

Dia melanjutkan, kemampuan memahami karakteristik siswa pada akhirnya akan membuat para guru jeli melihat potensi siswanya. Dengan begitu, imbuhnya lagi, para guru akan memahami bagaimana kelebihan dan kekurangan masing-masing siswa.

Kadisdik Purwanto pun tak ketinggalan menyinggung soal konteks perubahan kurikulum. Menurutnya, perubahan kurikulum harus dilihat sebagai upaya adaptasi terhadap perkembangan zaman.

“Perubahan kurikulum diantaranya berkaitan dengan bagaimana cara pandang dan gerak guru dalam memandang masa depan, sehingga bisa terus beradaptasi dengan zaman yang terus berkembang.  Kemudian, yang tidak boleh dilupakan adalah prinsip integritas dalam proses pembelajaran. Selalu memberikan yang terbaik tanpa harus diawasi oleh orang lain. Selebihnya, para guru harus senantiasa optimis, selalu memberikan harapan yang positif kepada para siswa,” ungkapnya menyisipkan pesan.  (NC/Red)



Jumat, 03 Agu 2018, 13:42:17 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2556 View
KADISDIK JADIKAN SEKOLAH SEBAGAI PUSAT KEUNGGULAN
Kamis, 02 Agu 2018, 13:42:17 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2473 View
MENINGKATKAN MINAT BACA ATAU MENGGIATKAN BUDAYA TULIS?
Selasa, 31 Jul 2018, 13:42:17 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 3078 View
SEKOLAH TRANSFORMATIF

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE