Gelar Karya SMPN 1 Pasawahan: Semangat Berkarya Semangat Berekspresi

Kamis, 16 Mei 2024 | 15:34:04 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 532


Gelar Karya SMPN 1 Pasawahan: Semangat Berkarya Semangat Berekspresi
   

Purwakarta, (16/05/2024) – Dalam rangka implementasi P5 dan Implementasi Literasi dan Numerasi, SMPN 1 Pasawahan menggelar kegiatan Gelar Karya yang dilaksanakan hari Rabu dan Kamis, 15 s.d. 16 Mei 2024 . Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan SMPN 1 Pasawahan dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd.

Gelar Karya merupakan bentuk apresiasi sekaligus selebrasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Prakarya dengan menampilkan pentas seni, bazar serta pameran karya siswa.

Kadisdik menyambut baik kegiatan Gelar Karya SMPN 1 Pasawahan dan menekankan agar siswa-siswi memiliki kreativitas dan menghasilkan produk yang bermanfaat.

“Harapan saya, melalui kegiatan ini anak-anak yang memiliki kreativitas menghasilkan produk yang bermanfaat hingga berani tampil sebagai cerminan dari Profil Pelajar Pancasila. Anak-anak yang kreatif, , anak-anak yang mempunyai karya itulah transrmasi kurikulum Merdeka” ungkap Purwanto

Dendi Darmawan, ketua pelaksana kegiatan mengatakan Gelar Karya yang diadakan di SMPN 1 Pasawahan merupakan wadah apresiasi bagi siswa dengan pembagian pentas Seni dilaksanakan oleh kelas 9 sekaligus sebagai ujian praktek. Bazar dan pameran karya siswa untuk kelas 7 yang menjual berbagai produk makanan berkarbohidrat dan kelas 8 menjual produk Serealia dan umbi-umbian. Selain itu dalam rangka mendukung budaya literasi dan numerasi melalui soal literasi dan numerasi yang dibuat secara digital untuk kemudian diisi oleh siswa. Bagi yang berhasil meraih point tertinggi mendapat hadiah dari sponsor acara.

“Tujuannya untuk menanamkan jiwa wirausaha dan berkolaborasi dari mulai persiapan, penyajian hingga saat menjual produk. Mereka belajar untuk menentukan nilai jual suatu produk dan mengasah kreativita mereka dalam mengolah makanan”

“Ke depannya setelah kegiatan ini, siswa-siswi SMPN 1 Pasawahan bisa membuat makanan bekalnya sendiri serta tidak bergantung lagi pada orang tua. Sesuai slogan sekolah, Semangat berkarya, Semangat Berekspresi maka setiap karya yang akan dibuat akan memiliki semangat dari semangat itu akan mengeluarkan ekspresi yang dapat memotivasi mereka untuk menghasilkan karya yang lebih kreatif dan inovatif” ungkap Dendi.

Menurut Kepala SMPN 1 Pasawahan, Irma Silviani, S.Pd, M.Pd, Gelar Karya di SMPN 1 Pasawahan merupakan kegiatan selebrasi Projek P5 yang dilaksanakan selama tahun ajaran 2023/2024. Hal ini sebagai Upaya menghargai karya dan kreativitas siswa.

“Ajang ini sebagai sebuah pembuktian bahwa siswa mampu berkreasi sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan masing-masing walaupun dengan tema projek yang sama” ucap Irma.

“Harapannya, ketika mereka sudah berada di lingkungan Masyarakat mampu menjadi agen-agen perubahan dan menjadi orang yang Tangguh menghadapi berbagai masalah. Saya ucapkan terima kasih kepada guru-guru hebat yang telah membimbing dengan penuh kesungguhan” demikian menurut Irma. (MH/Red.)



Kamis, 16 Mei 2024, 15:34:04 WIB Oleh : Mira Habibah 576 View
SDN 1 Wanasari: Aksi Nyata PMM Bantu Tingkatkan Kompetensi dan Prestasi Guru
Selasa, 14 Mei 2024, 15:34:04 WIB Oleh : Mira Habibah 1056 View
Disdik Purwakarta Tegas Larang Study Tour Ke Luar Kota
Senin, 13 Mei 2024, 15:34:04 WIB Oleh : Mira Habibah 497 View
Dinas Pendidikan Jadi Venue Tenis Meja Popwilda II Jawa Barat 2024

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE