SENI DOMYAK KHAS PURWAKARTA

Sabtu, 06 Jun 2020 | 08:20:48 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2466


SENI DOMYAK KHAS PURWAKARTA
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Kesenian adalah ciri khas budaya dari setiap Daerah untuk  mengekpresikan diri dan semesta alam dalam berbagai wujud.

Kesenian Jawa Barat yang begitu melekat dalam ingatan antara lain Jaipong, angklung tak terkecuali di Purwakarta adalah sebuah kesenian khas  yang hampir terlupakan yaitu kesenian "DOMYAK".

Kesenian Khas Purwakarta Buncis atau kini dikenal dengan "DOMYAK" yang lahir di desa Pasirangin Kecamatan Darangdan telah populer sejak tahun 1920an yang diciptakan oleh Mama Nuria sebagai generasi pertama, dilanjutkan oleh Bah Jumanta yang telah meninggal 4 tahun lalu diusia 128 Tahun sebagai generasi kedua, kini Bah Husen menjadi penerus ketiga kesenian Domyak yang ada di Purwakarta.

Kesenian DOMYAK terlahir dari sebuah   permasalahan yang sering menimpa masyarakat desa Pasirangin Kecamatan Darangdan yaitu kemarau panjang  sehingga tokoh adat setempat membuat sebuah ritual kesenian sebagai permohonan meminta hujan kepada sang pencipta. 

Kegiatan ritual ini dimulai  dari arak-arakan di tengah desa hingga ke sumber mata air. 

Domyak berasal dari akronim atau kirata bahasa dari kalimat "Ari Dur, Ari Rampayak". Dur adalah bunyi bedug dari salah satu waditra musik pengiring kesenian. Rampayak artinya menari. 

"Jadi, ketika ada suara dur dari bedug itu yang dimainkan, langsung ada yang menari", papar salah satu penggiat seni budaya Domyak.

Adapun Alat-alat musik yang digunakan antara lain Dog-dog atau bedug 3/4, kenong, gong, terompet dan angklung selain itu ada pula penari yang mengikuti iringan musik. (AJ/Red)



Jumat, 05 Jun 2020, 08:20:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 3487 View
MELATIH ANAK MENULIS DENGAN TEKNIK TRACING THE DOT DI RUMAH
Jumat, 05 Jun 2020, 08:20:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2244 View
SMPN 5 PURWAKARTA TERAPKAN SISTEM INFORMASI KELULUSAN SISWA BERBASIS ANDROID
Kamis, 04 Jun 2020, 08:20:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 871 View
HEBAT!! DISDIK PURWAKARTA TELAH LAMA MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DISEKOLAH

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE