SDN 1 CITALANG PANEN PADI INPARI IR NUTRIZINC

Kamis, 28 Mei 2020 | 13:25:48 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1136


SDN 1 CITALANG PANEN PADI INPARI IR NUTRIZINC
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Masih dalam suasana hari raya idul fitri 1441 Hijriyah, jajaran manajemen sekolah dasar (SD) Negeri 1 Citalang panen padi jenis IR Inpari Nutrizinc, Rabu (28/5). 


PLT Kepala UPTD SDN 1 Citalang sekaligus pengawas di Gugus VI Kecamatan Purwakarta, Hj. Popon Masriah menuturkan, panen padi hari ini berawal dari proses tanam para siswa pada 4 bulan yang lalu. 


"Mereka menanam dari bulir padi Satu orang siswa menanam dalam media berupa ember, satu ember satu butir benih padi. Alhamdulillah dengan perawatan anak-anak padi ini tumbuh dengan baik dan banyak dari satu butir itu menghasilkan banyak pare, hari ini sudah waktunya dipanen," katanya. 


Lebih lanjut, masih menurut Kepsek Popon, penanaman padi oleh para siswa pada prinsipnya adalah bagian dari pembelajaran juga. 


"Minimal mereka mengetahui bagaimana proses padi itu tumbuh. Sehingga, mengenal nasi yang setiap hari mereka makan," ujarnya. 


Tidak luput, dia bertekad meningkatkan pembelajaran para siswa terhadap proses tanam padi dengan menggunakan media ember yang lebih banyak lagi. 


"Penanaman padi ini tidak terlalu sulit bisa ditanam dimana saja yang penting ditempat yang tidak terlinding, cahaya mataharinya banyak, terang dan hasilnya alhamdulillah cukup memuaskan, karena padi ini tidak seperti padi di pelataran sawah pada umumnya," tandasnya. 


Diketahui, agenda panen padi juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Purwakarta H. Purwanto. Dalam sambutannya, Kadisdik kembali mengingatka n bahwa pengenalan proses tanam padi adalah bagian dari pendidikan karakter, lebih khusus terkait wawasan lingkungan. Sekurang-kurangnya, para siswa mengetahui bagaimana proses produksi nasi yang biasa mereka konsumsi setiap hari. 


"jangan sampai terlupakan, padi kemudian menjadi nasi yang setiap hari kita makan, semoga mendapatkan makna dari segala peristiwa," demikian tuturnya. (NC/Red).


Video Terkait:



Rabu, 20 Mei 2020, 13:25:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1113 View
Kabar Baik! Keluarga Besar SMPN 2 Pondok Salam Panen Padi di Masa Pandemi
Kamis, 14 Mei 2020, 13:25:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 905 View
SMPN 10 PURWAKARTA BERBAGI BERAS KEPADA WARGA SEKITAR SEKOLAH
Kamis, 07 Mei 2020, 13:25:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1023 View
REWARD KARYA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PADA MASA COVID-19 KEC PURWAKARTA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE