MPLS DI PURWAKARTA FOKUSKAN SADAR SAMPAH SEJAK DINI

Rabu, 17 Jul 2019 | 09:27:31 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1434


MPLS DI PURWAKARTA FOKUSKAN SADAR SAMPAH SEJAK DINI
   

Disdik.purwakartakab.go.id --  Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta konsentrasikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para pelajar di kabupaten Purwakarta difokuskan pada upaya kebersihan lingkungan. Di Jalan Veteran Bale Guru Linuhung Kantor Kepala Dinas Pendidikan, Selasa (16/7).

 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto mengupayakan hal ini, guna menumbuhkan sifat kepedulian lingkungan, para pelajar diarahkan untuk bersih-bersih fasilitas umum yang tak jauh dari lokasi sekolah," katanya

 

Kadisdik menilai, persoalan sampah seolah tidak ada habisnya. Kesadaran masyarakat membuang sampah juga masih minim sehingga sampah bertebaran dimana-mana.

 

Untuk itu, Dinas Pendidikan menerapkan sadar sampah sejak dini kepada para pelajar di Purwakarta melalui MPLS di sekolah kurang lebih selama tiga hari.

"Jadi untuk MPLS kita orientasikan kepada para pelajar bagaimana anak-anak kita paham betul soal ancaman sampah, terutama sampah plastik," Kata Kadisdik

 

IMPLEMENTASI DARI PENDIDIKAN KARAKTER

 

Kadisdik Purwanto mengatakan, tujuan selama MPLS ditekankan terhadap orientasi kebersihan agar para pelajar paham betul terhadap pendidikan lingkungan hidup, dan itu bagian dari pendidikan karakter yang harus dibangun sejak dini.

 

"Banyak anak-anak masih minim akan sadar sampah, misal sudah mengkonsumsi makanan sampah dibuang begitu saja. Ini yang harus kita bangun,"

 

Menurutnya, selama MPLS para pelajar akan diorientasikan gerakan kebersihan, membersihkan sampah plastik di lingkungan masyarakat, sekolah dan sejumlah fasilitas publik lainnya.

 

"Anak-anak semua harus terjun, kita juga di Dinas Pendidikan semua disebar untuk melakukan monitoring termasuk kepala sekolah terjun ke lapangan," Pungkasnya (NC/Red).



Senin, 15 Jul 2019, 09:27:31 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1306 View
DISDIK HIMBAU MANAJEMEN SEKOLAH DIET SAMPAH PLASTIK
Senin, 15 Jul 2019, 09:27:31 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1913 View
TUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH
Selasa, 07 Mei 2019, 09:27:31 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1098 View
Jangan Salahkan Smartphone-mu!

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE