KADISIK PURWAKARTA MEMBUKA RAKOR PENGAWAS TK SE-JAWA BARAT

Jumat, 25 Jan 2019 | 17:24:01 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1711


KADISIK PURWAKARTA MEMBUKA RAKOR PENGAWAS TK SE-JAWA BARAT
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisik) Purwakarta H. Purwanto membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar Forum Komunikasi Pengawas Taman Kanak-Kanak (FKPTK) Provinsi Jawa Barat, di Bale Janaka - Kompleks Pemkab Purwakarta, Jum'at (25/01).

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, sebanyak 170 orang perwakilan pengawas TK dari kabupaten/kota se-provinsi jawa barat hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kadisdik Purwanto mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan yang digelar FKPTK. Lalu, dia menyinggung soal tantangan yang dihadapi para praktisi pendidikan saat ini, lebih khusus para pengawas.

"Tantangan buat kita para pendidik saat ini adalah kejelian beradaptasi dengan perkembangan zaman. Disinilah pentingnya keberadaan pengawas. Sebab, merekalah yang berperan mengingatkan para guru. Sehingga, para guru terpacu untuk senantiasa menjadi seorang pembelajar," katanya.

Selain itu, peran penting lain dari seorang pengawas adalah menjadi supervisor yang mampu memberikan masukan-masukan brilian kepada para Kepala Sekolah.

"Para pengawas harus menjadi supervisor-visioner yang mampu memberikan input kepada kepala sekolah, sehingga pada akhirnya dapat melahirkan anak-anak unggul yang membanggakan," ujarnya.

Dia berharap, pertemuan FKPTK dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat secara kelembagaan sekaligus melahirkan rekomendasi yang positif, khususnya dunia Pendidikan di Jawa Barat.

"Untuk itu, para pengawas harus mampu memberi solusi untuk pendidikan, harus memiliki kompetensi sebagaimana di-persyaratkan regulasi, menguasai teknologi informasi dan meningkatkan kapasitas kesetaraan," tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Komunikasi Pengawas Taman Kanak-kanak (FKPTK) Jawa Barat, Idah Saridah mengungkapkan, Kabupaten Purwakarta dijadikan pilot project (Percontohan : red) sejak Tahun 2013.

"FKPTK didirikan untuk meningkatkan potensi keprofesian, kompetensi para guru TK/se-derajat. Pada setiap pertemuan seperti rapat koordinasi ini, kami terus fokus pada penguatan materi-materi untuk para guru dan termasuk berupaya memberikan gagasan-gagasan baru untuk pendidikan," tandasnya. (NC/Red)



Sabtu, 19 Jan 2019, 17:24:01 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1655 View
DISDIK PURWAKARTA & AKADEMISI UPI PRESENTASIKAN HASIL RISET KOLABORASI BERSAMA TENTANG KEPEMIMPINAN
Rabu, 16 Jan 2019, 17:24:01 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1899 View
SMAN 1 CAMPAKA BERSAMA DISKOMINFO GELAR IHT : PENDIDIKAN BERBASIS IT
Rabu, 16 Jan 2019, 17:24:01 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2077 View
DISDIK BERSAMA KEJARI GELAR RAPAT PERSIAPAN UNBK 2019

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE