Indikator MPLS Sukses ; Siswa Peduli Lingkungan Sekolah

Senin, 12 Jul 2021 | 10:35:36 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 751


Indikator MPLS Sukses ; Siswa Peduli Lingkungan Sekolah
   

disdik.purwakartkab.go.id--Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD & SMP Se-Kabupaten Purwakarta, Senin (12/07).

Masih dalam suasana PPKM, Pembukaan MPLS SD & SMP Se-Kabupaten Purwakarta dihelat secara online, melalui tayangan langsung di channel youtube linuhung TV. Tampak para siswa peserta MPLS serta Kepala Sekolah jenjang SD & SMP se-Kabupaten Purwakarta.

Dalam arahannya, Kadisdik Purwanto menyingung sikap warga sekolah yang harus ditunjukkan di masa pandemi. Diantara yang terpenting, kata dia, adalah kepedulian dan gotong-royong. 

"Semuanya harus saling bantu, peduli dan bergotong-royong. Yang sedang dalam kesusahan, harus dibantu agar kesulitannya lebih ringan. Sikap ini harus tumbuh dalam diri setiap warga sekolah. Sehingga, terpaan krisis akan bisa kita lewati dengan baik," katanya.

Lebih lanjut, rasa kepedulian pula-lah yang akan menggerakkan pelayanan maksimal di masa pandemi.

"Seperti kita tahu, pandemi covid menyebabkan banyak keterbatasan. Termasuk dalam aspek layanan pendidikan. Meski begitu, kita tetap harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Tanpa kepedulian, hal demikian tidak akan tercapai," ungkapnya.
 
MPLS Berhasil Jika Siswa Peduli Lingkungan

Masih kata Kadisdik Purwanto, hal paling substansial dari pelaksanaan MPLS adalah kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah.

"Kenal saja tidak cukup. MPLS berhasil apabila siswa tergerak untuk peduli terhadap lingkungan sekolahnya," katanya.

Ia mengulas, di masa pandemi COVID yang berlangsung hingga saat ini, oksigen dirasakan sebagai sesuatu yang sangat krusial.

"Karena itu, siswa harus sadar terhadap lingkungannya. Alam secara natural terus memproduksi oksigen melalui tumbuh-tumbuhan. Harus dijaga dengan baik, sehingga mereka lestari dan terus menghasilkan oksigen untuk kita," ungkapnya.

Lebih jauh lagi, imbuh dia, ekosistem lingkungan harus juga dirawat. Hal-hal yang mengganggu keseimbangan ekosistem perlu dieliminasi. Salahsatunya : sampah.

"MPLS harus menghasilkan siswa-siswa yang tanggap terhadap isu sampah. Minimal, ada perubahan perilaku terhadap sampah, dari yang asalnya cuek menjadi peduli," tukasnya.

Ia berhadap, MPLS betul-betul bisa berkualitas dan bisa mencapai tujuan yang dikehendaki.

"Saya berharap MPLS betul-betul berkualitas dan sanggup berujung pada pencapaian indikator siswa yang dikehendaki, yaitu mereka yang peduli terhadap lingkungannya," begitu paparnya. (NC/Wid)



Sabtu, 10 Jul 2021, 10:35:36 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 381 View
GDS DAN KETERLAKSANAAN LAYAN PENDIDIKAN SELAMA WFH
Jumat, 09 Jul 2021, 10:35:36 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 10005 View
Cara Membuat Bakteri Fotosintesis
Kamis, 08 Jul 2021, 10:35:36 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 764 View
Membuat Banana Circle

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE