HADAPI TANTANGAN ZAMAN, DISDIK GELAR SEMINAR PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MILENIAL

Senin, 23 Sep 2019 | 14:27:06 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1994


HADAPI TANTANGAN ZAMAN, DISDIK GELAR SEMINAR PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MILENIAL
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menggelar Seminar Nasional Penguatan Implementasi Pendidikan Karakter, Kamis (19/9), di Bale Sawala Yusditira – Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Purwakarta. 

Dari amatan langsung di lokasi, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto berkesempatan hadir langsung sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, Kadisdik mengulas Kebijakan dan konsep “7 Poe Atikan Istimewa” yang sudah diterapkan di kabupaten Purwakarta sejak beberapa tahun ke belakang. 

“Pendidikan karakter merupakan pendidikan profetik, yaitu pendidikan yang membawa nilai-nilai kenabian, memberikan menebarkan manfaat untuk semua orang,” katanya.  

Lebih lanjut, masih menurut Kadisdik Purwanto, Pendidikan karakter bertujuan untuk menyiapkan anak-anak  bangsa yang baik dengan indikator karakter yang baik. 

“Sesungguhnya guru-guru yang mengajar di sekolah mampu mengubah prilaku anak-anak menjadi perilaku yang terpuji.  Sekolah harus menjadi pelopor, sekolah harus menjadi-pusat keunggulan yang menebar kebaikan terhadap lingkungan,” tandasnya. 

Tak luput, di kesempatan itu pula Kadisdik Purwanto menghimbau kepada semua guru yang hadir untuk mencontoh pengimplementasian kebijakan pendidikan karakter di SDN 3 Cijunti 

“Disana telah dibuat taman-taman kelas beerjasama dengan orang tua. Sekolah itu harus menyenangkan, indah, dan membahagiakan.  Saya tidak mau sekolah di purwakarta tidak punya taman. Apa yang telah diterapkan di SDN 3 Cijunti patut dijadikan teladan. Jika sekolahnya indah, maka akan tercermin peradaban yang tinggi. Sekolah itu harus menjadi pusat peradaban, pusat keunggulan, dari sekolah itulah menyebar kebaikan-kebaikan kepada lingkungan disekitarnya. Hari ini kita mencanangkan sekolah-sekolah di purwakarta bebas sampah plastik dan mampu memanfaatkan sampah plastik untuk hal-hal yang lebih berguna dalam kehidupan kita,” runutnya.  


Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, seminar ini dihadiri oleh 600 orang yang terdiri dari Pengawas SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP, Guru Kelas SD, Guru Pendidikan Agama SD dan SMP serta Guru Pkn SMP se Purwakarta. 

Tema seminar yang diangkat adalah “Penguatan Pendidikan Karakter di Era Milenial”. Acara seminar dipandu oleh Dede Supendi selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pendidikan Dasar. Sementara, bertindak sebagai narasuber adalah Kurniawan, ST., M.B.A (Kepala Bidang Sinskronisasi Kebijakan Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia). (NC/Red)



Senin, 16 Sep 2019, 14:27:06 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2160 View
Lestarikan Budaya Lokal : Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Kapolres Purwakarta Cup
Sabtu, 14 Sep 2019, 14:27:06 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1664 View
TIM SEPAKBOLA DISDIK PURWAKARTA SUKSES ANGKAT TROFI JUARA LIGA SAABRENGNA 2019
Kamis, 12 Sep 2019, 14:27:06 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1483 View
Pelaksanaan Pendataan Siswa Penyandang Disabilitas

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE