YOSI GURU HONORER GIGIH LESTARIKAN SENI DOMYAK

Sabtu, 06 Jun 2020 | 13:14:48 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 678


YOSI GURU HONORER GIGIH LESTARIKAN SENI DOMYAK
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Kesenian Buncis atau kini dikenal sebagai kesenian Domyak adalah sebuah kesenian tradisi leluhur asli Purwakarta yang kini mulai terlupakan.

Upaya dalam menjaga dan melestarikan budaya leluhur ini terus dilakukan salah satunya adalah dengan memperkenalkan kesenian sejak dini. Untuk itu sekolah menjadi tempat strategis dalam upaya melestarikan dan mengenal lebih dalam kesenian dan budaya daerah kepada siswa.

Yosi Agustiawan (39) adalah salah satu orang yang begitu konsen dalam menjaga dan melestarikan seni Domyak sekalipun dirinya bukan terlahir di Kabupaten Purwakarta. 

SMPN 4 Darangdan yang menjadi tempatnya mengajar (guru Honorer seni budaya), berada dilingkungan desa Pasirangin menjadi Salah satu tempat yang dipilih dalam upaya melestarikan budaya lokal dan memperkenalkan Budaya leluhur "Domyak" kepada remaja masa kini.

Upayanya membuahkan hasil, Kesenian Domyak kini mulai di ajarkan di sekolah sebagai ekskul pilihan yang mulai diminati remaja. Yosi panggilan akrab dilingkungan desa  Pasirangin adalah ketua sanggar DOMYAK SINAR PUSAKA.

Selain sebagai ritual permohonan hujan, kini kesenian Domyak mulai di kembangkan dalam berbagai acara maupun perlombaan seni.

Salah satunya pada tahun 2018 Seni Domyak SMPN 4 Darangdan menjadi pemenang dalam ajang perlombaan FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat Kabupaten Purwakarta dan tampil di tingkat Jawa Barat. 

Selain Itu kesenian ini juga sering menjadi pembuka acara atau penyambut tamu kehormatan. Di lingkungan masyarakat sendiri kesenian ini menjadi salah satu pilihan pengiring kegiatan masyarakat misalnya hajatan pernikahan atau khitanan.

"Saya berharap seni Domyak dapat terus lestari dan berharap kedepan akan ada bantuan untuk pemeliharaan alat yang kini mulai rusak dimakan usia", paparnya. (AJ/Red)



Kamis, 04 Jun 2020, 13:14:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 425 View
SMPN 4 DARANGDAN SULAP LAHAN NGANGGUR MENJADI LAHAN TANAM PADI PRODUKTIF
Rabu, 03 Jun 2020, 13:14:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 908 View
JANGAN BIARKAN ANAK BEGADANG SETIAP MALAM
Senin, 01 Jun 2020, 13:14:48 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 336 View
Memaknai Hari Lahirnya Pancasila

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE