UID Hadiri Festival TdBA Disdik Purwakarta Tahun 2023

Senin, 18 Des 2023 | 18:57:28 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 2979


UID Hadiri Festival TdBA Disdik Purwakarta Tahun 2023
   

Purwakarta, (18/12/2023) – Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta pada hari Senin, 18 Desember 2023 untuk ke-dua kalinya menggelar Festival Tatanen di Bale Atikan (TdBA). Ajang puncak aksi nyata dari implementasi Program TdBA di Kabupaten Purwakarta diselenggarakan di Aula Bale Guru Linuhung dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut menampilkan lebih dari 400 makanan dari 120 SD dan SMP serta 60 kerajinan dari 35 SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta yang telah lolos kurasi dari sekitar 200 lebih sekolah yang mendaftar.

Hadir dalam pembukaan acara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Dr. H. Purwanto, M.Pd beserta para pejabat Disdik, CEO Self Learning Institute (SLI) Muhamad Irvan Efrizal, Staf ahli bidang pemerintahan hukum dan kesra, Dicky Dharmawan, S.H, M.H, Chancellor United in Diversity (UID) Dr. Suyoto, Sekretaris UID IndrawanM.Si, Senior Advisor UID Cokorda Istri Dewi, Program Assistant UID Azizah, Ketua PKK Kabupaten Purwakarta Dra. Suraidah, M.Si dan tamu undangan lainnya.

Purwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa Pendidikan Karakter TdBA secara harfiah adalah Bertani di Lembaga pendidikan. Sedangkan secara falsafah merupakan falsafah dari Ki Hajar Dewantara.

“Menurut Ki Hajar Dewantara, setiap guru, setiap orang dewasa sesungguhnya adalah petani. Tempat-tempat kita di sekolah-sekolah adalah lahan persemaian. Maka tugas kepala sekolah, tugas guru adalah menciptakan lahan persemaian yang subur, yang dipenuhi dengan kasih sayang dan cinta, yang dipenuhi dengan Rahmat agar benih-benihnya, agar siswa-siswanya bisa tumbuh dan berkembang secara normal dan wajar menurut potensi dan bakatnya” ungkap Purwanto.

Masih menurut Purwanto, dalam pandangan Ki Hajar Dewantara walaupun sama-sama jenisnya tapi mempunyai karakter yang berbeda-beda tergantung bagaimana kita merawat dan memupuknya.

“Apa yang menjadi mimpinya untuk menjadikan sekolah menjadi pusat peradaban terutama dalam mengelola lingkungan dan merawat alam serta mengelola hubungan sosial tercipta melalui Gerakan Tatanen di Bale Atikan yang menumbuhkan kesadaran ekologi, sosial dan spiritual” ucap Purwanto.

Suyoto sangat mengapresiasi dan kagum dengan festival TdBA yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yang menurutnya acara ini sangat keren.

“Berada di festival ini seraasa hidup tersesat tapi di Surga karena semua tercukupi dan semuanya gembira. Kabupaten Purwakarta melalui Pendidikan karakternya tidak tertinggal justru semakin harmoni. TdBA rasanya menajdi sarana untuk belajar dan mensosialisasikan hidup yang tidak tertinggal oleh siapapun” ungkap Suyoto

“Saya berharap tahun depan ada lagi dan saya bisa datang lagi ke acara ini. Dan terima kasih atas bantuan Mas Rizal karena bisa menyatukan harmoni sosial, harmoni alam dan harmoni spiritual melalui Tatanen di Bale Atikan” demikian ungkap Suyoto.

Para tamu undangan kemudian mendapat kesempatan untuk mencoba berbagai makanan yang ditukarkan dengan koin ataupun dengan  barcode. Semua yang datang maupun para peserta merasa senang bisa mengikuti festival ini. (MH/Red)



Jumat, 15 Des 2023, 18:57:28 WIB Oleh : Mira Habibah 1204 View
SMPN 2 Pasawahan: Mengolah Kombucha Menjadi Sabun Mandi Yang Banyak Manfaat
Kamis, 14 Des 2023, 18:57:28 WIB Oleh : Mira Habibah 880 View
SMPN 8 Purwakarta: Pepaya Muda Oleh Siswa Diolah Menjadi Cemilan
Rabu, 13 Des 2023, 18:57:28 WIB Oleh : Mira Habibah 816 View
SMPN 3 Pasawahan: Kopi Okra akan ikut Tersuguh pada Festival TDBA 2023

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE