Tumbuhkan Literasi Melalui Majalah Digital Sekolah SMPN 2 Plered

Selasa, 10 Okt 2023 | 16:18:09 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 985


Tumbuhkan Literasi Melalui Majalah Digital Sekolah SMPN 2 Plered
   

Salah satu sarana pendukung kegiatan sekolah di era digitalisasi dan mudah di akses secara online selain media sosial dan website sekolah adalah majalah atau buku digital. SMP Negeri 2 Plered Purwakarta sebagai sekolah penggerak membuat inovasi dengan membuat Majalah Digital sebagai sarana informasi kegiatan-kegiatan sekolah yang tayang sebulan sekali.

Majalah Edukasi Digital (Media) SMPN 2 Plered mulai diluncurkan sekitar bulan Maret. Adalah Kepala SMPN 2 Plered Hj. Tintin Supriatin, M.Pd yang mempunyai gagasan melahirkan media digital ini. Tintin terinspirasi dari kebiasaan anak-anak sekarang yang sudah malas membaca buku dan lebih sering menggunakan gadgetnya. Tintin bersama tim literasi dan tim IT SMPN 2 Plered kemudian menggulirkan majalah digital dengan harapan anak-anak dapat memanfaatkan gadgetnya untuk kegiatan yang lebih positif yaitu membaca buku secara online.

“Hadirnya majalah digital ini diharapkan menjadi motivasi bagi warga sekolah untuk giat menghasilkan karya dan sebagai wadah kreativitas untuk lebih menumbuhkan kebiasaan menulis dan membaca” ungkap Tintin.

Meilynda Noermadya pengelola Majalah Digital SMPN 2 Plered menyebutkan bahwa ide awalnya adalah kemampuan tim IT dalam menggunakan aplikasi canva yang ingin diaplikasikan untuk kemajuan sekolah dan keinginan kepala sekolah dan juga guru-guru untuk mengumpulkan kumpulan puisi dan cerpen dalam format digital.

“Isi majalahnya kemudian dirubah lebih variatif dan inovatif tidak hanya puisi ataupun cerpen namun juga kegiatan sekolah, ruang belajar, tips dan trik dan masih banyak lagi. Guru dan siswa dilibatkan dalam membuat isi majalah” ucap Meilynda.

Ke depannya siswa yang terlibat di ekskul Jurnalistik akan dilibatkan dalam pengambilan foto, pembuatan desain maupun isi dari majalah tersebut sehingga majalah digital SMPN 2 Plered sebagai hasil kolaborasi yang melibatkan tidak hanya kepala sekolah, guru tetapi juga siswa. (MH/Red)



Kamis, 05 Okt 2023, 16:18:09 WIB Oleh : Mira Habibah 1513 View
Supervisi menjadi Quality Control Layanan Pendidikan
Rabu, 04 Okt 2023, 16:18:09 WIB Oleh : Mira Habibah 495 View
SDN 2 Pasanggrahan Tegalwaru, Sekolah Eksotis yang Menawarkan Keindahan Alam
Selasa, 03 Okt 2023, 16:18:09 WIB Oleh : Mira Habibah 855 View
Rangkaian Kegiatan HUT PGRI dan Hari Guru Kabupaten Purwakarta Tahun 2023 Resmi Dibuka

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE