Teladan Mira dan Dela : Rajin Belajar, Rela Berdagang Demi Bantu Orang Tua

Jumat, 17 Sep 2021 | 08:05:21 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 121


Teladan Mira dan Dela : Rajin Belajar, Rela Berdagang Demi Bantu Orang Tua
   

disdik.purwakartakab.go.id—Mira dan Dela, adik-kakak siswi SMPN 2 Pondoksalam patut dijadikan teladan (role model) untuk anak se-usianya. Bagaimana tidak?! Sementara anak-anak lain asyik bermain, kedua siswi ini justru tergerak membantu kedua orang tuanya dengan jalan berjualan cilok dan klepon. 

Meski begitu, antusiasme Mira dan Dela dalam berjualan tidak menghilangkan motivasi terhadap pendidikan. Keduanya tetap serius belajar dan mengikuti kegiatan sekolah yang sementara ini kebanyakan masih bersifat daring (online). 

Tim redaksi berkesempatan langsung menyambangi Mira dan Dela. Rupanya, selain cerdas, sedikit banyak mereka memang punya minat dan bakat bisnis. 

Mira dan Dela yang tinggal di Pasir Muncang Pondoksalam ini berjualan tiap hari sampe ke munjul bahkan sampe masjid agung yang lumayan jauh dari lokasi rumahnya, tiap harinya membawa dua kresek cilok dan klepon untuk dijual.

DIAPRESIASI KADISDIK 

Semangat dan tekad yang kuat dari Mira dan Dela berujung perhatian dan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, H.Purwanto, belum lama ini. Mereka diundang langsung Kadisdik Purwanto ke kantor Dinas Pendidikan untuk berbincang santai. 

Di sela obrolan, H.Purwanto mengatakan bahwa dirinya merasa berbahagia bahwa masih ada anak seperti Mira dan Dela. Di era seperti sekarang ini, ada anak yang rela bekerja keras  demi  membantu orang tuanya. 

“Mereka akan terus saya dorong untuk belajar dan terus berjualan selagi mereka menginginkannya. Inilah yang sejatinya disebut dengan pendidikan. Mereka sedang dididik oleh alam dan insya Allah mereka akan mempunyai karakter kuat, pekerja keras, serta peduli kepada orang tua. Nilai-nilai tersebut belum tentu dimiliki semua anak. Dan karena itu, mereka bisa menjadi ‘guru’ untuk anak-anak lainnya,” ucapnya. 

Diketahui, pada sesi pertemuan itu Kadisdik Purwanto turut memberikan paket bantuan untuk keluarga Mira dan Dela, dari mulai Sembako, bantuan modal kerja untuk mendukung usaha, serta buku agar keduanya terus giat belajar. (NC/red)



Kamis, 16 Sep 2021, 08:05:21 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 246 View
Purbasari : Bincang Literasi Numerasi
Rabu, 15 Sep 2021, 08:05:21 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 253 View
SATRYA RAIH JUARA KOSN TINGKAT JAWA BARAT
Selasa, 14 Sep 2021, 08:05:21 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 130 View
SKB Buka Kemungkinan Inovasi Pembelajaran Keterampilan

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE