Tak Miliki Pustakawan, Perpustakaan SDN Ciwangi tetap terlihat Rapi dan Bersih

Selasa, 27 Feb 2024 | 15:34:32 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 285


Tak Miliki Pustakawan, Perpustakaan SDN Ciwangi tetap terlihat Rapi dan Bersih
   

Purwakarta, (20/02/2024) – Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari sarana prasarana sekolah yang terdiri dari berbagai koleksi  buku pelajaran atau buku bacaan yang dapat menunjang proses pembelajaran.

Sebagai sekolah ramah anak, SDN Ciwangi Purwakarta menyediakan fasilitas perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh siswa maupun guru dalam melaksanakan pembelajaran dan tentunya jika ingin membaca buku di jam istirahat. Dikarenakan belum mempunyai tenaga pustakawan maka pengelolaannya diserahkan kepada guru yang ditunjuk sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik), Sadiyah, M.Pd saat kunjungannya beberapa waktu lalu mengatakan bahwa SDN Ciwangi bisa memaksimalkan fungsi gedungnya salah satunya dengan adanya Perpustakaan. Perpustakaannya pun terlihat bersih sehingga bisa membuat siswa betah membaca buku dan penataan bukunya sangat rapih.

“Tanpa tenaga pustakawan, SDN Ciwangi tetap bisa me-manage buku menjadi sumber ilmu bagi siswa sehingga banyak pengetahuan yang bisa didapat siswa dengan membaca buku. Ditambah lagi dengan sarana prasarana serta kebersihan ruangannya. Siswa pun pastinya akan betah membaca maupun mendapatkan pembelajaran di perpustakaan” ucap Sadiyah.

Totoh Fatonah, S.Pd selaku Kepala SDN 1 Ciwangi mengatakan meskipun tidak dikelola oleh pustakawan, sebagai kepala sekolah kemudian memberdayakan semua guru untuk bersama-sama mengelola sekaligus mengurus perpustakaan sebagai tempat meningkatkan literasi bagi siswa.

“Disamping anak-anak meminjam dan membaca buku, di waktu tertentu guru-guru melaksanakan pembelajaran di perpustakaan dengan menggunakan berbagai macam buku dan media pembelajaran yang ada di perpustakaan” ungkap Totoh.

Terakhir menurut Totoh baik buku, data maupun sarana-prasarana yang ada di perpustakaan selalu didata dan terdokumentasikan dengan baik  dan itu berkat kerjasama dan peran kepala sekolah maupun guru-gurunya. (MH/Red)



Senin, 26 Feb 2024, 15:34:32 WIB Oleh : Mira Habibah 142 View
Sekdisdik : Awasi Siswa Waspadai Kekerasan
Senin, 26 Feb 2024, 15:34:32 WIB Oleh : Mira Habibah 161 View
Kegiatan Asesmen Bakat dan Minat SMPN 5 Purwakarta; Sekolah Arahkan Sesuai Minat dan Bakat
Senin, 26 Feb 2024, 15:34:32 WIB Oleh : Mira Habibah 200 View
22 Sekolah di Kecamatan Babakancikao Ikuti Pekan Kreatifitas Siswa

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE