Surya Pagi Asa, Atlet Fudokan Peraih Perunggu Kejuaraan Dunia di Serbia

Jumat, 19 Jan 2024 | 15:04:24 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 335


Surya Pagi Asa, Atlet Fudokan Peraih Perunggu Kejuaraan Dunia di Serbia
   

Purwakarta, (19/01/2023) – Peserta didik SMP Kabupaten Purwakarta kembali raih prestasi di kancah internasional. Kali ini melalui cabang olahraga beladiri Fudokan. Beberapa peserta didik dari Purwakarta berhasil meraih medali pada kejuaraan 9th Word Fudokan Karate Championship yang berlangsung di Belgrade, Serbia pada tanggal 20 – 26 November 2023.  

Salah satu atlet tersebut adalah Surya Pagi Asa, Siswa kelas 8 SMPN 1 Cibatu yang pada kejuaraan tersebut berhasil meraih perunggu pada kategori Kihon Komite Boys semacam Tarung Bebas serta berhasil mengalahkan perwakilan dari negara-negara Eropa. Fudokan merupakan karate tradisional yang berasal dari Jepang

Menurut Asa, apa yang didapatnya adalah buah perjuangan dari latihan yang selama ini dilakoninya sejak usia 8 tahun. Ini juga merupakan pengalaman pertamanya ikut kejuaraan secara langsung di luar negeri setelah sebelumnya hanya mengikuti kejuaraan dunia secara online.

“Keseriusan latihan dan perjuangan yang bertahun-tahun membuahkan hasil buat saya sehingga saya bisa keluar negeri dan memenangkan kejuaraan dunia” ungkap Asa.

Menurut Asa, support kedua orangtuanya, kepala sekolah dan guru-gurunya sangatlah besar sehingga semakin membuatnya semangat untuk terus meraih prestasi dan mengikuti kejuaraan-kejuaraan berikutnya.

Wali kelas dari Asa, Mutia Nurhasanah, S.Pd mengatakan bahwa Asa tidak hanya  berprestasi di bidang olahraga tetapi juga di bidang akademik. Nilai-nilanya diatas rata-rata dan termasuk anak yang rajin dan juga cerdas.

Kepala SMPN 1 Cibatu, Zaleha Andhika Ratu, M.Pd merasa bangga bahwa peserta didik di sekolahnya bisa meraih prestasi di tingkat internasional terlebih lagi Asa selama ini aktif dalam kegiatan-kegiatan di sekolahnya maupun di organisasi OSIS. Zaleha berharap peserta didik lainnya bisa mencontoh dari pribadi Asa yang tidak gampang menyerah untuk menggapai impiannya.

Berikut prestasi lainnya dari Surya Pagi Asa

Tahun 2020: Juara 3 "Prague Open Karate Cup Online"

Tahun 2021 : Juara 2"Prague Open Winter Karate Cup"

Tahun 2022 : Juara 3 "23rd sensei Rachmi Soebagjo Open Cup Online"

Tahun 2022 : Juara 2 "Eksebisi  Kejurda Tradisional Karate"

(Mira Habibah/Red.)



Jumat, 19 Jan 2024, 15:04:24 WIB Oleh : Mira Habibah 252 View
SD Al-Muhajirin 3 Luncurkan Film Petualangan
Selasa, 16 Jan 2024, 15:04:24 WIB Oleh : Mira Habibah 288 View
PGRI Kabupaten Purwakarta Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana Tegalwaru
Selasa, 16 Jan 2024, 15:04:24 WIB Oleh : Mira Habibah 347 View
Komunitas Belajar TK Kecamatan Purwakarta Gelar Bimtek Pengisian SKP di PMM

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE