Survey Karakter salah satu komponen Asesmen Nasional

Senin, 19 Apr 2021 | 14:03:43 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 208


Survey Karakter salah satu komponen Asesmen Nasional
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar melakukan sosialisasi Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 kepada para Pengawas jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Senin (19/04) bertempat di Aula SMPN 1 Purwakarta.

Hadir pada kesempatan tersebut membuka acara Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Sadiyah, sekaligus memaparkan berbagai kebijakan pendidikan baik tingkat nasional maupun lokal. 

Dalam sambutannya, Sadiyah mengatakan bahwa tata kelola pendidikan harus adaftif terhadap situasai dan kondisi saat ini, dimana masih berada dalam situasi pandemi COVID-19. Tugas kita disatu sisi harus terus berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 disatu sisi harus terus melakukan layanan pendidikan yang bermutu kepada masyarakat.

Ditempat yang sama hadir sebagai narasumber, Dede Supendi Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian. Menurut Dede bahwa Asesmen Nasional (AN) dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah, sedang kan prestasi siswa dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan. Adapun pelaksnaan Asesmen Nasional (AN) pada bulan september untuk jenjang SMP dan Oktober jenjang SD. Pada tahun 2021 ini sampel peserta SD kelas 5 sebanayk 30 orang dan SMP kelas 8 sebanyak 45 orang. 

Asesmen Nasional (AN) terdiri dari Asesmen Komptensi Minimum Literasi-Numerasi, Survey Karakter dan survey lingkungan belajar. Informasi dari ketiga komponen asesmen nasional ini diharapakan dapat mendorong perbaikan mutu pembelajaran. Asesmen Nasional (AN) menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah dan Pemerintah Daerah untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan. (Red). 



Senin, 19 Apr 2021, 14:03:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 189 View
SEKOLAH HARUS CIPTAKAN KARAKTER BAIK BAGI ANAK
Rabu, 14 Apr 2021, 14:03:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 199 View
Hidupkan Amaliyah Ramadhan, Pelajar Purwakarta Masantren di Imah
Selasa, 13 Apr 2021, 14:03:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 356 View
Raperda Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Purwakarta Disepakati

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE