SMPN 2 Pasawahan: Mengolah Kombucha Menjadi Sabun Mandi Yang Banyak Manfaat

Jumat, 15 Des 2023 | 16:15:12 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 957


SMPN 2 Pasawahan: Mengolah Kombucha Menjadi Sabun Mandi Yang Banyak Manfaat
   

Purwakarta, (15/12/2023) – Festival Tatanen di Bale Atikan (TdBA) akan dilaksanakan 4 hari lagi. Salah satu sekolah yang siap menampilkan karya dari implementasi Pendidikan karakter TdBA adalah SMPN 2 Pasawahan.

SMPN 2 Pasawahan termasuk sekolah yang akan menampilkan produk terbanyak dengan jumlah total 7 produk yang terdiri dari 5 produk makanan dan minuman serta 2 produk non makanan. Lima produk makanan tersebut antara lain; Edible Flower Mix Vegetables Salad With Roasted Sesame Sauce, Mochi Mantel, Air Rare dan Manggo Milk. Sedangkan dua produk non makanan berupa hiasan kaligrafi dari serbuk gergaji dan bodyshop Kombucha. Semua bahan baku produk-produk tersebut bisa didapatkan di lingkungan SMPN 2 Pasawahan.

Salah satu produk non makanan adalah Bodyshop Kombucha atau sabun mandi yang terbuat dari bahan Kombucha yang dikombinasikan dengan Bunga Telang. Pemilihan mengolah Kombucha dan Bunga Telang merupakan pengimbasan dari ilmu yang didapat oleh kedua gurunya yaitu Vinka Cintia Dewi dan Siti Fatimah Dj yang pernah mengikuti Workhshop membuat Kombucha yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yang kemudian dipraktekkan bersama siswa-siswinya.

Manfaat dari sabun mandi tersebut antara lain untuk meredakan iritasi kulit, mengurangi kemerahan, meningkatkan kelembaban kulit, meningkatkan perlindungan kulit, menghilangkan gatal dan menghilangkan jerawat.

Menurut Kepala SMPN 2 Pasawahan, Bapak Ajid Mustopa mengatakan sangat menyambut baik karena memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengangkat produk-produk terbaiknya untuk ditampilkan pada festival TdBA.

“Ini adalah ajang menunjukkan hasil dari potensi sekolah dan alamnya sehingga bisa dikenal oleh Masyarakat. Ajang saling belajar dan memperkaya diri dengan sekolah lain” demikian ungkap Ajid. (MH/Red)



Kamis, 14 Des 2023, 16:15:12 WIB Oleh : Mira Habibah 665 View
SMPN 8 Purwakarta: Pepaya Muda Oleh Siswa Diolah Menjadi Cemilan
Rabu, 13 Des 2023, 16:15:12 WIB Oleh : Mira Habibah 606 View
SMPN 3 Pasawahan: Kopi Okra akan ikut Tersuguh pada Festival TDBA 2023
Rabu, 13 Des 2023, 16:15:12 WIB Oleh : Mira Habibah 344 View
Purbasari Glamping Literasi 2023: Transformasi Literasi Menuju Generasi Emas Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE