Siswa Kelas IX SMPN 2 Purwakarta Antusias Ikuti Asesmen Bakat dan Minat

Senin, 26 Feb 2024 | 11:38:28 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 129


Siswa Kelas IX SMPN 2 Purwakarta Antusias Ikuti Asesmen Bakat dan Minat
   

Purwakarta, (26/02/2024) – Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar Kuikulum dan Asesmen Pendidikan mengadakan kegiatan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Pusmendik berbasis komputer untuk siswa kelas IX di SMP dan Mts.

Tujuannya untuk memperoleh gambaran kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus serta minat siswa berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Dengan diadakannya asesmen ini satuan Pendidikan dalam hal ini sekolah akan memperoleh gambaran bakat dan minat siswa berdasarkan hasil yang diperoleh.

Pelaksanaan ABM berlangsung dari tanggal 19 s.d. 23 Februari 2024 dan 26 Februari s.d. 1 Maret 2024. Pelaksana adalah satuan Pendidikan yang telah mendaftar ke Pusmendik. Di Kabupaten Purwakarta terdapat 20 sekolah SMP yang melaksanakan ABM dan terlihat antusias dari siswa maupun pihak sekolah seperti yang terlihat saat pelaksanaan di SMPN 2 Purwakarta.

Sekitar 319 siswa kelas IX mengikuti kegiatan ABM di dua ruangan lab komputer dan didampingi oleh dua orang proktor.

Arlyda Shounara, Kepala SMPN 2 Purwakarta mengatakan bahwa sekolahnya antusias mengikuti ABM ini karena selain gratis karena difasilitasi oleh pemerintah juga karena kegiatan ini mengukur bakat dan kemampuan sisa.

“Dengan adanya ABM, siswa bisa mengetahui bakat dan minatnya. Jika pertanyaannya sesuai dengan kemampuan mereka maka mereka akan menjawabnya dengan mudah”. Ucap Arlyda.

Setelah ABM hasilnya diumumkan, menurut Arlyda maka SMPN 2 Purwakarta akan menyalurkan bakat dan minatnya di ekskul yang ada di sekolah. Sekolah memfasilitasi dengan kemampuan yang ada sehingga anak tersebut dapat dikembangkan bakatnya.

Ke depannya, Arlyda berharap pemerintah menyelenggarakan ABM ini tidak hanya bagi peserta kelas IX tetapi juga bagi kelas VII dan VIII sehingga bisa mengetahui bakat siswa sejak masuk sekolah menengah. (MH/Red)



Selasa, 20 Feb 2024, 11:38:28 WIB Oleh : Mira Habibah 1206 View
IHT SMPN 9 Purwakarta, Penguatan Desain Pembelajaran Terintegrasi TdBA
Senin, 19 Feb 2024, 11:38:28 WIB Oleh : Mira Habibah 714 View
Gunakan Teknologi, SMPN 7 Purwakarta Gelar Pemilihan Ketua OSIS
Senin, 19 Feb 2024, 11:38:28 WIB Oleh : Mira Habibah 214 View
Kadisdik Purwakarta Terima Mahasiwa Kampus Mengajar Angkatan 7

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE