Selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta: Keberagaman Nusantara Dalam Perayaan Kreativitas Siswa

Selasa, 24 Okt 2023 | 19:43:27 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 907


Selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta: Keberagaman Nusantara Dalam Perayaan Kreativitas Siswa
   

Purwakarta, (24/10/2023) - Pada hari Selasa, 24 Oktober 2023 SMP Negeri 2 Purwakarta menyelenggarakan acara selebrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara tersebut dilaksanakan di Taman Surawisesa - Kawasan Situ Buleud Purwakarta. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta turut menghadiri sekaligus membuka acara. Selain Kadisdik turut  hadir pengawas SMP, fasilitator sekolah penggerak, Bapak Rukmana, perwakilan dari kesiswaan dan OSIS SMP kecamatan Purwakarta dan orang tua siswa.

Acara Selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta mengambil tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha dan Menghargai Keberagaman Untuk Membentuk Generasi yang Berkarakter Profil Pelajar Pancasila”. Acara ini meliputi Kewirausahaan oleh kelas 7 dan Bhineka Tunggal Ika oleh kelas 8 yang meliputi tarian-tarian daerah dan fashion show baju adat serta profesi masyarakat.

Ketua panitia acara, Bapak Endang Sumantri, S.Pd melaporkan bahwa kegiatan selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta merupakan salah satu ciri kurikulum merdeka yang sedang digulirkan oleh pemerintah.

“P5 membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang InsyaAllah menjadi karakter kita semua. Karakter tersebut sebetulnya sudah diterapkan lebih awal melalui kebijakan pemerintah daerah yang dikenal dengan lima bunga karakter yang sudah menjadi kegiatan kita sehari-hari. Semoga kegiatan ini dapat memperkuat karakter siswa-siswi SMPN 2 Purwakarta”ungkap Pak Endang.

Kepala SMPN 2 Purwakarta, Arlyda Shounara mengatakan bahwa Selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta memasuki tahun ke-2 dan dilaksanakan di luar lingkungan sekolah. Pemilihan tema Bhineka Tunggal Ika diaplikasikan dalam bentuk tarian dari berbagai daerah di Nusantara. Sekitar 352 siswa dilibatkan dalam tarian nusantara ini.

“Harapan saya terkait dengan diselenggrakannya acara ini adalah terbentuknya karakter profil pelajar Pancasila  karena kegiatan ini sudah sekaligus membangun enam dimensi profil pelajar Pancasila yaitu Berketuhanan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, gotong royong,  kreatif, mandiri, bernalar kritis dan ber-kebhinekaan global” ucap Arlyda.

Kadisdik mengapresiasi Selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta karena telah menampilkan selebrasi, menumbuhkan profil pelajar Pancasila yang ada di dalam proses pembuatan selebrasi ini.

“Buat saya proses yang dimaksud dengan P5 adalah menumbuhkan kreativitas, menumbuhkan gotong royong, keberanian untuk tampil, kemampuan mengelola kegiatan, disiplin latihan itulah pembelajaran upaya menumbuhkan profil pelajar Pancasila” ungkap Kadisdik.

Lebih jauh Kadisdik berharap agar dalam setiap kegiatan tidak mengeluarkan banayk biaya untuk anak-anak kita dan harus berangkat dari kreativitas.

“Alam menyiapkan materi untuk kita berkreativitas, alam sudah disiapkan oleh Tuhan untuk menyempurnakan pengetahuan, keterampilan dan sikap anak-anak kita. Jangan sampai anak-anak mengeluarkan banyak biaya untuk berkegiatan” demikian ungkap Kadisidik.

Selebrasi P5 SMPN 2 Purwakarta patutlah diapresiasi karena peserta didik berhasil menampilkan tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Salut dengan mereka yang berani tampil setelah melalui proses latihan. Beberapa siswa sangat senang mengikuti selebrasi P5 tersebut karena menumbuhkan kreativitas bagi mereka. Kegiatan selebrasi ini berhasil dan sukses berkat kolaborasi seluruh panitia, orang tua siswa dan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yang sudah memberikan izin dan dukungan moril maupun materil. (MH/Red)



Selasa, 24 Okt 2023, 19:43:27 WIB Oleh : Mira Habibah 1578 View
Tunggakan Gaji Honor Operator, GTT Satap dan AKPK Fix Dibayar 2024
Senin, 23 Okt 2023, 19:43:27 WIB Oleh : Mira Habibah 379 View
Apel Pagi: Sekdisdik Tegaskan Program Besar Pendidikan Harus Dilaksanakan
Senin, 23 Okt 2023, 19:43:27 WIB Oleh : Nurdin 911 View
Produk TdBA Keripik Baba Sekolah Ekologi

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE