Selamat! Generasi Membumi Disdik Purwakarta Resmi Lulus

Minggu, 05 Nov 2023 | 08:53:16 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 506


Selamat! Generasi Membumi Disdik Purwakarta Resmi Lulus
   

Purwakarta, (04/11/2023) – Bale Mandala Karsa Kompleks SKB Purwakarta pada hari Sabtu, 04 November 2023 menjadi tempat bersejarah bagi 30 peserta didik yang terpilih pada pelatihan Generasi Membumi Angkatan Pertama yang diadakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Self Learning Institute (SLI). Pada hari tersebut, mereka merayakan kelulusannya karena berhasil menyelesaikan pelatihan yang berlangsung selama 6 (enam) hari dari tanggal 30 Oktober 2023 sampai dengan 04 November 2023.

Rintik hujan tidak menjadi penghalang bagi mereka yang hadir pada kegiatan tersebut. Para pejabat Disdik yang hadir, kepala sekolah, CEO SLI dan para mentor tidak beranjak dari tempat acara. Hujan pun seakan menjadi saksi kebahagiaan dari 30 generasi hebat tersebut. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto yang sedang melaksanakan tugas di luar daerah turut hadir secara virtual dan ikut menyaksikan kebahagiaan dari para peserta didik tersebut.

Mereka ke 30 peserta didik jenjang SMP telah diberikan banyak ilmu pengetahuan dan praktik terkait kelestarian lingkungan dan juga Tatanen di Bale Atikan (TdBA). Mereka akan menjadi agen-agen lingkungan yang akan menggerakkan kesadaran lingkungan di masing-masing sekolah dan masyarakat.

Menurut CEO SLI, Mochamad Irvan Efrizal bahwa dirinya menyaksikan betul peserta didik yang terpilih sangatlah hebat dan memiliki motivasi yang sangat kuat saat ditempa oleh alam dan semilir angin, matahari dan tetesan hujan selama 6 hari pelatihan dan mengikuti dari awal hingga pelatihan ini selesai.

“Mereka adalah aset bagi pendidikan di Purwakarta karena kita memiliki secercah harapan bahwa lingkungan kita akan lebih baik lagi. 25 sekolah baik negeri maupun swasta yang peserta didiknya terpilih haruslah memberikan ruang di sekolahnya untuk mereka membuat aksi masing-masing dan mengimplementasikan apa yang sudah mereka dapatkan saat pelatihan di sekolahnya. Sekolah harus mendukung peserta didiknya berkontribusi kepada lingkungan” ungkap Moch. Efrizal

“Saya berharap bahwa generasi ini dapat berkontribusi pada sekolah masing-masing dengan menggerakkan teman-temannya untuk berkontribusi melestarikan lingkungan yang dimulai dari gaya hidup yang lebih ramah lingkungan” harapan Moch. Efrizal

Kadisdik dalam sambutannya merasa bangga dan berbahagia karena Disdik Purwakarta mempunyai energi  baru untuk membangun Purwakarta dalam menyelamatkan lingkungan.

“Hari ini saya selaku Kepala Dinas Pendidikan mempunya energi baru melalui generasi yang terpilih untuk bersama-sama membangung Purwakarta menyelamatkan lingkungan. Mereka selama pelatihan dibekali wawasan, keterampilan dan kesadaran untuk berperan sebagai khalifah di muka bumi untuk menciptakan keharmonisan” ucap Kadisdik

“Saya menitipkan pesan bahwa hari ini mereka (peserta didik terpilih) telah lahir menajdi generasi baru yang berwawasan lingkungan, perubahan dan wawasan yang didapatkan nantinya diterapkan di sekolah-sekolah, rumah dan kehidupan dirinya sendiri”

“Kepada generasi terpilih bahwa mereka harus terus menjadi generasi yang terus berkembang. Kegiatan ini adalah langkah awal melakukan perubahan untuk masa yang akan datang. Harus terus belajar dan belajar serta mengikuti berbagai macam pelatihan untuk mendapatkan banyak pengalaman” demikian pesan Kadisdik.

Upacara seremoni kelulusan peserta Generasi Membumi Angkatan Pertama berlangsung khidmat dan lancar. Prosesi kelulusan ditandai dengan pemberian sertifikat, pemberian pin dan memegang bendera merah putih. Rasa haru dan bangga terpancar dari peserta didik yang terpilih. Mereka tidak hanya bangga kepada dirinya sendiri tetapi pada sekolahnya, Disdik dan juga kepara para mentor dari SLI yang telah membekali mereka dengan pelatihan yang positif dan nantinya akan mereka bagikan da terapkan di sekolahnya dan tentunya pelatihan ini mempertemukan mereka dengan teman-teman baru dan juga mentor-mentor pelatihan yang baik kepada mereka. (MH/Red.)



Jumat, 03 Nov 2023, 08:53:16 WIB Oleh : Mira Habibah 628 View
Disdik Purwakarta Bentuk Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan
Kamis, 02 Nov 2023, 08:53:16 WIB Oleh : Mira Habibah 383 View
Polres dan SMPN 5 Purwakarta Kolaborasi Cegah Perundungan Dan Kenakalan Remaja
Kamis, 02 Nov 2023, 08:53:16 WIB Oleh : Mira Habibah 10862 View
Advokasi Kebijakan Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE