SDN 6 Ciseureuh Ciptakan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Mendongeng

Jumat, 20 Okt 2023 | 11:32:43 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 608


SDN 6 Ciseureuh Ciptakan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Mendongeng
   

Purwakarta, (19/10/2023) - SDN 6 Ciseureuh yang beralamat di Jalan Ipik Gandamanah Purwakarta adalah salah satu sekolah yang memiliki perpustakaan yang telah terakreditasi dan pustakawan yang sudah tidak diragukan lagi dalam mengelola perpustakaan sekolah. Salah satu yang menjadi fokus utama kegiatan di sekolah ini adalah kegii dilapangan hari kamis terlihat peserta didik diperkenalkan akan literasi membaca dongeng. Mereka membaca dongeng selama 10 menit setelah itu mereka bisa menyaksikan penampilan kakak kelasnya yang pernah menjadi juara dongeng tingkat kecamatan. Tujuan ditampilkannya kakak kelas selain agar peserta didik bisa mendengarkan dongeng juga belajar bagaimana cara mendongeng yang baik. Selain mendongeng ditampilkan pula pembacaan puisi dan sajak.

Menurut Ika Kartikasari,S.I.Pust, sekolahnya sering mendapat kunjungan dari Kampung Dongeng Indonesia dan juga Perpustakaan Puwakarta bahkan pernah ada kunjungan dari Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Barat. Tidak jarang selain untuk mendongeng di depan peserta didik, juga untuk memperkenalkan dongeng. Bahkan komunitas mendongeng tersebut memberikan pelatihan kepada peserta didik yang ingin pandai mendongeng. Kegiatannya biasanya dilakukan di Perpustakaan.

Untuk buku-buku bacaannya ada yang milik sekolah, dipinjamkan perpustakaan daerah atau saat kegiatan literasi tak jarang anak membawa buku sendiri.

Kegiatan literasi lainnya adalah anak-anak diajak untuk pembelajaran di luar kelas seperti kunjungan ke perpustakaan daerah dan museum-museum di Purwakarta.

Kepala SDN 6 Cisereuh, Pepi Pramahsari,S.Pd., M.Pd mengungkapan kebanggaannya terhadap kegiatan literasi di sekolahnya terutama karena memiliki tim guru dan pustakawan yang solid dalam membimbing kegiatan literasi di sekolahnya.

“Semaksimal mungkin kami selalu melaksanakan pembiasaan-pembiasaan karakter sebelum pembelajaran di mulai termasuk kegiatan literasinya. Tim Guru dan Pustakawan sekolah ini sangat solid hingga pembiasaan karakter tersebut dapat berjalan lancar dan rutin dilaksanakan” demikian menurut Pepi. (MH/Red)



Kamis, 19 Okt 2023, 11:32:43 WIB Oleh : Mira Habibah 533 View
Konsultan BBPMP Jawa Barat : Pendidikan Karakter Purwakarta Jauh Lebih Hebat
Rabu, 18 Okt 2023, 11:32:43 WIB Oleh : Mira Habibah 610 View
Ide Kreatif Pembelajaran Sains SMPN 2 Kiarapedes, Kardus Bekas jadi Ekskavator
Selasa, 17 Okt 2023, 11:32:43 WIB Oleh : Mira Habibah 778 View
Mapag Buana SMPN 3 Campaka, Pembiasaan 4 Bahasa

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE