SDN 3 SELAAWI & SMPN 2 BOJONG RAIH PENGHARGAAN ADIWIYATA

Senin, 30 Des 2019 | 10:48:33 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 1914


SDN 3 SELAAWI & SMPN 2 BOJONG RAIH PENGHARGAAN ADIWIYATA
   

Disdikpurwakartakab.go.id -- SDN 3 Selaawi dan SMPN 2 Bojong raih penghargaan  adiwiyata (sekolah berbasis lingkungan) pada acara Penganugerahan Penghargaan Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Daerah (PROPERDA) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Senin (30/12), di Aula Yudistira - Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. 


Dari amatan langsung di lokasi, penyerahan anugerah Adiwiyata untuk kedua sekolah tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika. 


Dalam sambutannya, Bupati Anne menegaskan bahwa isu lingkungan menjadi salahsatu fokus utama kerja Pemkab Purwakarta. Beberapa hal yang belakangan sedang digarap serius oleh Pemkab Purwakarta, kata dia, diantaranya adalah penataan aliran sungai. 


"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Kemaritiman untuk misi penataan aliran sungai. Ada beberapa aliran sungai di Kabupaten Purwakarta yang perlu penanganan serius agar bisa terus menjadi sumber air bersih untuk masyarakat," katanya.


Selain itu, lanjut dia lagi, hal lain yang juga menjadi perhatian Pemkab Purwakarta adalah soal penggunaan plastik. Pelan tapi pasti, Pemkab Purwakarta mulai mengurangi konsumsi plastik minimal di lingkungan kantor Pemkab. 


"Kami sudah mulai mengurangi penggunaan bahan plastik. Minuman kemasan contohnya. Kini, untuk kebutuhan minum, kami menyediakan dispenser yang kami taruh di beberapa titik kantor," katanya. 


Bupati Anne menghimbau para hadirin untuk sama-sama menjaga lingkungan. Menurutnya, menjaga lingkungan bukan hanya menjadi tanggung-jawab Pemerintah atau OPD tertentu saja. Sesungguhnya, tegas dia, masa depan lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak. 


"Lingkungan hidup adalah tanggung jawab semua pihak. Apa yang kita perbuat pada lingkungan hidup akan berbalik pada kita sendiri. Contoh : banjir. Banjir terjadi akibat ulah kita sendiri yang gemar buang sampah sembarangan," tandasnya. 


Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, H. Purwanto mengapresiasi penghargaan adiwiyata yang diterima sekolah-sekolah yang ada dibawah binaan Disdik Purwakarta. Dia berharap, penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi untuk terus menjaga lingkungan. 


"Saya harap penghargaan ini bisa memotivasi insan pendidikan untuk terus menjaga lingkungan. Sebab, salahsatu pihak yang harus berkontribusi terhadap lingkungan adalah para praktisi pendidikan dan termasuk para siswa yang menjadi cikal bakal masa depan," demikian ungkapnya. (NC/Red)



Kamis, 19 Des 2019, 10:48:33 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 4067 View
SMPN 1 CAMPAKA DEKLARASI SEKOLAH RAMAH ANAK
Kamis, 19 Des 2019, 10:48:33 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 3120 View
Kreatifitas Siswa SMPN 2 Plered di Penghujung Tahun 2019
Kamis, 28 Nov 2019, 10:48:33 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 4382 View
SDN 1 Kertajaya Raih Juara 2 Lomba Mars SPMI Tingkat Jawa Barat

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE