SDN 2 Cipaisan: Belajar Menghargai Keberagaman Melalui Pementasan Drama

Rabu, 24 Jan 2024 | 16:36:29 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 306


SDN 2 Cipaisan: Belajar Menghargai Keberagaman Melalui Pementasan Drama
   

Purwakarta, (24/01/2024) – Salah satu cara untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berfokus pada karakter serta kontribusi siswa dalam melaksanakan tema dari dimensi kurikulum Merdeka. Salah satu dimensinya adalah Bhineka Tunggal Ika.

SDN 2 Cipaisan yang selama ini dikenal sebagai salah satu sekolah cagar budaya tidak bergerak di Kabupaten Purwakarta pada hari Senin, 22 Januari 2024 mengadakan pementasan Drama yang berhubungan dengan mata pelajaran PPKN yang mengambil tema “Kebhinekaan Tunggal Ika”. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh siswa kelas V.

Menurut Evie Kantina, S.Pd guru kelas V SDN 2 Cipaisan tujuan diadakan drama tersebut adalah  memberikan kesempatan kepada siswanya untuk belajar berperilaku menghargai keberagaman yang ada di lingkungannya sebagai bentuk sikap menghargai tantangan dan keuntungan hidup Kebhinekaan.

“Dengan adanya drama ini siswa diharapkan mampu tampil berani dan percaya diri, mengerti dan memahami apa itu toleransi serta kerjasama diantara siswa yang berbeda dari suku ,ras, bahasa, ataupun agama kita harus saling menghormati dan bijak” ungkap Evie

Nengsih, S.Pd, Kepala SDN 2 Cipaisan mengatakan bahwa penampilan drama bertema Bhineka Tunggal Ika yang dilakukan oleh siswa kelas V adalah sebagai ppaya guru-guru untuk menambah wawasan, sikap berani tampil dan kreatif para siswanya.

“Drama ini mengajarkan siswa untuk saling menghargai, saling menyayangi, berbagi antar berbeda keyakinan. Selain itu agar siswa belajar untuk hidup dengan perbedaan budaya, Bahasa, suku serta menjaga kerukunan, keutuhan dan kesatuan sebagai bangsa yang Merdeka” demikian menurut Nengsih. (MH/Red)



Senin, 22 Jan 2024, 16:36:29 WIB Oleh : Mira Habibah 223 View
Apel Pagi, Menguatkan Kurikulum dan Meningkatkan Layanan
Jumat, 19 Jan 2024, 16:36:29 WIB Oleh : Mira Habibah 365 View
K3S TK gelar Bimtek Tingkatkan Kinerja Melalui PMM
Jumat, 19 Jan 2024, 16:36:29 WIB Oleh : Mira Habibah 336 View
Surya Pagi Asa, Atlet Fudokan Peraih Perunggu Kejuaraan Dunia di Serbia

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE