Samolo, Buah Langka yang Tumbuh Subur di SMPN 1 Sukatani

Rabu, 10 Jan 2024 | 18:19:13 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 883


Samolo, Buah Langka yang Tumbuh Subur di SMPN 1 Sukatani
   

Purwakarta, (10/01/2024) – SMPN 1 Sukatani Purwakarta dikenal sebagai salah satu sekolah yang memiliki kebun Tatanen di Bale Atikan (TdBA) terluas yaitu sekitar 1300m2 dengan pembagian kebun kelas masing-masing seluas 3m2 per kelas untuk 10 rombel kelas 7. Total jenis tanaman di kebun TdBA tersebut ada sekitar 70 jenis tanaman dari mulai tanaman hias, buah-buahan hingga tanaman obat.

Ada dua jenis tanaman yang menjadi ciri khas dari sekolah yaitu Honje dan Samolo atau Buah Mentega/Buah Bisbul. Pada Festival TdBA Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, SMPN 1 Sukatani berhasil terpilih sebagai pemenang ke-2 minuman terbaik dengan menampilkan produk Sirop Honje.

Namun yang menarik di sekolah yang dipimpin oleh Eva Nurlela adalah tumbuh suburnya pohon buah Samolo yang merupakan buah yang sangat langka dan sulit didapatkan di Purwakarta. Hanya di SMPN 1 Sukatani, kita bisa mendapatkan buah yang sering disebut buah mentega dan memiliki dua pohon sehingga tidak pernah kehabisan buah tersebut.

Menurut Eka Kharisma Handayani, di sekolahnya memiliki dua pohon dengan jenis  bunga jantan dan bunga betina dan hasilnya oleh siswa selain dimakan juga diolah menjadi selai. Buah langka ini memiliki aroma yang khas dan permukaan buah tertutup oleh bulu-bulu beludru. Rasa buahnya sangat lezat dan gurih seperti keju (mentega). Buah ini kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, mineral dan fitonurien yang  bermanfaat bagi Kesehatan tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga Kesehatan mata, menghaluskan kulit dan mencegah sembelit.

Kedepannya sekolah ini berharap bisa membuat inovasi baru untuk mengembangkan produk dari buah Samolo tersebut. (MH/Red.)



Selasa, 09 Jan 2024, 18:19:13 WIB Oleh : Mira Habibah 265 View
Konkerkab III, Gotong Royong Menjadi Kunci Kekuatan PGRI Kabupaten Purwakarta
Senin, 08 Jan 2024, 18:19:13 WIB Oleh : Mira Habibah 476 View
Kadisdik Serahkan Penghargaan Pemenang Festival TdBA Tahun 2023
Senin, 08 Jan 2024, 18:19:13 WIB Oleh : Mira Habibah 561 View
Apel Pagi, Program Pendidikan Purwakarta harus Menjadi Spirit Perubahan

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE